Selamat membaca
Menghilangkan Benci Dan Dendam Dengan Petunjuk Quran dan Hadist
semoga bermanfaat

Menghilangkan Benci Dan Dendam Dengan Petunjuk Quran dan Hadist

Al-kautsar an islamic side adalah blog tentang risalah/artikel islam dan aplikasi islami

Menghilangkan Benci Dan Dendam Dengan Petunjuk Quran dan Hadist

Assalaamu'alaikum...

Tiada bosan penulis ucapkan salam kepada semua saudaraku seiman yang tentunya telah mendapat hidayah untuk membersihkan qalbunya dari penyakit hati yang sangat berbahaya untuk fisik dan mentalnya. Sehingga diberi petunjuk untuk sudi membaca tulisan ini yang mungkin bisa jadi masukan atau saran untuk kita semuanya. Ialah Benci dan Dendam, yang merupakan penyakit yang tiada memiliki wujud fisik yang nyata, dan merupakan dua di antara beberapa macam penyakit hati yang sangat merugikan diri si pelakunya.

Secara bahasa Benci adalah suatu perasaan tidak suka, ketidak tertarikan seseorang terhadap sesuatu, dan banyak juga disebutkan bahwa benci itu adalah lawan kata dari cinta dan kasih sayang. Sedangkan Dendam dalam bahasa arab hiqid yang berarti permusuhan dalam batin yang menanti-nanti waktu yang tepat untuk  membalaskannya. Secara bahasa dendam adalah rasa marah yang tidak terlampiaskan atau tidak tersalurkan sehingga di dalam hati menjelma menjadi sifat buruk yang selalu berkeinginan membalas perbuatan orang lain. Dengan catatan yang dimaksud dengan benci dan dendam dalam tulisan ini adalah merujuk kepada hubungan kepada sesama kita, manusia terutama di antara seorang muslim dengan muslim lainnya.

Adalah sangat wajar, sebagai manusia yang menjalankan hidup dan qodratnya sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan adanya orang lain dalam hidupnya. Tentu sebagai manusia yang juga tiada sempurna bisa melakukan suatu kesalahan yang mungkin disengaja atau tidak dengan niatnya. Hal inilah yang sering menimbulkan benci, benci dan benci yang terus disimpan dalam hatinya sampai pada tahap dendam yang selanjutnya mencari cara untuk membalaskan semua perbuatannya karena hanya hal itu yang mungkin akan jadi penawar rasa Benci dalam hatinya. Na'udzubillah.

Saudaraku, sebagai seorang muslim tentunya kita berpegang dengan dalil dan aturan yang telah ditetapkan untuk kita, kita tentunya menjadikan al-quran sebagai kitab pedoman hidup yang didukung dengan hadist dari Rasulullah. Tahukah kita saudaraku jika kedua hal ini, Benci dan Dendam merupakan sifat yang tiada terpuji yang pasti tak akan pernah mendapat ridho Allah. Dan paling bahayanya sifat ini dapat menghabiskan semua amalan baik dan menuntun kita ke neraka. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya, Amin.

Sekarang mari kita merujuk kepada diri kita sendiri. Mungkin pernah ada rasa benci dan dendam dalam hati. Apakah yang kamu rasakan saudaraku? Bukankah benci dan dendam itu menyiksa batinmu? Apakah ada kepuasaan yang hakiki di dalam qalbumu andai jika melihat orang yang engkau benci harus mengalami luka yang sama dengan yang kamu rasakan? Atau andai jika dendam yang telah engkau balaskan, akankah apa yang membuatmu mendendam itu akan kembali kepadamu? Sehingga silaturrahmi pun akan terputus, padahal dalam hadist Rasulullah bersabda :

“Tidaklah halal bagi seorang muslim untuk meninggalkan saudaranya lebih dari tiga malam. Keduanya juga saling bertemu, tetapi mereka tidak saling mengacuhkan satu sama lain. Yang paling baik diantara keduanya yang terlebih dahulu memberi salam”. 
(HR. Muslim)

Andai saja kita jujur, pasti benci dan dendam membuat hatimu panas terbakar amarah, menghilangkan ketenangan hatimu, membuatmu bersikap tidak karuan, menghilangkan seleramu kketika berjumpa dengan seseorang yang engkau benci. Coba pertimbangkan, apakah itu menguntungkan atau bahkan merugikan dirimu? Andai saja kita jujur saudaraku.

Karenanya, mari kita hindari diri dari sifat ini karena pada hakikatnya merugikan diri kita secara lahir dan batin. Islam sebagai jalan yang lurus untuk semua ummat dapat memberikan solusi yang baik untuk menuntun kita ke jalan yang benar. Ada banyak solusi menghilangkan rasa benci dan dendam di hati kita. Ialah :

- Banyak-banyaklah berdzikir (mengingat Allah),

insyaallah akan ada ketenangan di hatimu sebagai mana firman Allah :

"Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang".
[Q-S Ar-Ra'd ayat 28.]

- Bersabarlah

Dari Abu Hurairah R.A., Rasulullah saw bersabda, Orang yang hebat itu bukanlah orang yang kuat pukulannya, sesungguhnya orang yang kuat adalah yang mampu mengekang hawa nafsunya ketika marah. (H.R. Bukhari dan Muslim)
*mengekang hawa nafsu tentunya memerlukan kesabaran dan keimanan yang kuat.

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema`afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
[Surat Ali Imron 3 : 134]

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
[Q.S Al-Baqoroh 2 : 153]

- Jadilah Seorang Pemaaf

Allah berfirman :

"...Maka barangsiapa yang memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas tanggungan Allah." 
[Q.S.Asy-Syura : 40]

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma`afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

[Q.S Ali Imron 3 : 159]

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.

[Q.S Al-Baqoroh 2 : 263]
Dalam hadist :

"Rasulullah SAW bersabda, "wahai Uqbah, bagaimana jika kuberitahukan kepadamu tentang akhlak penghuni dunia dan akhirat yang paling utama? Hendaklah engkau menyambung hubungan persaudaraan dengan orang yang memutuskan hubungan denganmu, hendaklah engkau memberi orang yang tidak mau memberimu dan maafkanlah orang yang telah menzalimimu."
 (HR.Ahmad, Al-Hakim dan Al-Baghawy).

"Ada 3 hal yang apabila dilakukan akan dilindungi Allah dalam pemeliharaanNya dan ditaburi rahmatNya serta dimasukkanNya ke dalam surgaNya yaitu : apabila diberi iia berterimakasih, apabila berkuasa ia suka pemaaf dan apabila marah ia menahan diri"
[HR. Hakim dan Ibnu Hibban]

- Biasakanlah diri Berperasangka Baik


Dalam al-quran Allah berfirman :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia sangat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia sangat buruk bagimu. Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” 
[Q.S. Al-Baqarah : 216]

”Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.Sukakah salah seorang diantara kamu, memakan daging saudaranya yang sudah mati ?.Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.Dan bertakwalah kepada Allah Tuhan Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
[QS.Al-Hujuraat :12]

- Ingatlah bahwa Dendan dan Benci itu merugikan dirimu sendiri

Kelak akan menimpa umatku penyakit umat-umat terdahulu yaitu penyakit sombong, kufur nikmat dan lupa daratan dalam memperoleh kenikmatan. Mereka berlomba mengumpulkan harta dan bermegah-megahan dengan harta. Mereka terjerumus dalam jurang kesenangan dunia, saling bermusuhan dan saling iri, dengki, dan dendam sehingga mereka melakukan kezaliman (melampaui batas).
(HR. Al Hakim)

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). 
[Q.S Al-Maidah : 91]

- Jangan Sombong dan menganggap diri paling benar
Mari kita koreksi diri, adanya kejadian pasti karena ada penyebabnya. 

"Tidak akan masuk syurga siapa saja yang di dalam hatinya ada seberat biji sawi dari kesombongan."
[HR. Muslim]

- Ikhlas dan Tawakkallah

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya,dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,  dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki
[Q.S Al-Falaq 1-5]

Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan,Dan katakanlah: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan,Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."
[Q.S Al-Mu'minuun 96-98] 

-Dan jika benci dan dendam itu tak jua hilang, maka ingatlah kebaikannya saja, mungkin ada kebaikan yang pernah ia lakukan untuk kita, jangan selalu memikirkan keburukannya, kejahatannya dan sifatnya yang kurang terpuji, Insyaallah hati kita akan terobati.


Itulah yang dapat penulis sarankan dalam perkara Menghilangkan Benci Dan Dendam di hati kita. Semoga Petunjuk dan hidayahNya selalu bersama kita.

Mari sama-sama kita berdoa,

“Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu, teguhkanlah hati kami diatas ketaatan kepadamu,arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”
Amiin, ya Robbal 'aalamiinnn...

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya,

“Manusia akan tetap berada di dalam kebaikan selama dia tidak mempunyai rasa benci.”
(HR. Thabrani)

Wassalam :)
Silahkan Bookmark and Share artikel ini:
Written by: Muchlis Al-Habibi
Al-Kautsar_@n Islamic Side Updated at: 1:34:00 AM

155 komentar

Anonymous said...

Klo org yg kita benci tu satu rumah dgn kita bagaimana? Stiap melihat orgnya pasti sebel,benci dan dendam yg teramat sangatnya bikin gila. Ada satu hari hati tenang tdak ada kebencian seikit pun pada org nya. Tpi kebencian tu lebih dahsyat dri rsa kesedaran dan kemaafan itu.. Tolong brikan solusi yg dpat menginsafkan jiwa.

alkautsar said...

Alhamdulillah...., andai saya bisa tahu nama saudara, saya ucapkan terimakasih telah berkunjung.

Benci dengan orang yang satu rumah.
Na'udzubillah....
Saudaraku..., andai ia adalah keluarga, tanamkan dalam hati, bagaimanapun sedarah dengan saudara.
Ada hal yang paling mudah dikerjakan, coba dengan hati yang tenang, satu rumah pasti sudah menjalani hari2 bersama, ingatkan dalam hati dan pikiran saudara kepada kebaikannya saja. Walaupun mungkin kebaikannya hampir gak ada, tapi ingatlah yang ada walau sedikit.
Saudaraku..., jika jua tak bisa, coba sayangi diri sendiri.
tentunya dengan mencoba ikhlas untuk memaaffkan. "Apapun itu aku telah memaafkanmu"
Banyangkan sakitnya saudara setiap kali bersua atau ingat, tanya diri sendiri, siapa yang rugi? Saudara bisa bad mood, emosi, serba salah. Yang rugi saudara sendiri.
ketiga, coba saudara pahami kembali dalil2 di atas. Coba saudara tanamkan dalam hati dan pikiran saudara, hidarkan diri dari bisikan syetan.

dan jika tidak jua, cobalah untuk tidak satu rumah dulu. Secara rasio.., kesenjangan atau jarak dapat memupuk persaudaraan jadi lebih baik.

Semua kuncinya ada dalam hati saudara. Wallahua'lam :)

Anonymous said...

Izin untuk menggunakan sebagian artikel ini dalam tulisan saya akhi...

alkautsar said...

silahkan akhi..., semoga bermanfaat :)

sablon cup said...

syukron artikelnya. sangat bermanfaat.

bisnis online menguntungkan, akses www.kiostiket.com

Anonymous said...

tanam kan iman dalam bertutur sapa pada keluarga jangan lupa ahlak mu dan juga ama orang lain .................... amin

alkautsar said...

Alhamdulillah.....,
Terimakasih atas komentarnya akhi Januar dan anonymous...
smoga bermanfaat :)

hatingmyself said...

Assalamualaikum...saya tertarik dgn nota yg ditulis saudara...saya mempunyai masalah dengan kawan2 rapat...wlupun sy tau mereka tidak mnyukai saya namun sy cuba abaikan...saya snggup dtg dr seberang smata2 utk mnghdiri knduri kahwin kawan.,,tp stlah brssh payah, still kwn2 yg lain ckp blkg...bkn nak mnuduh, but i see at their face and gesture...hurm,xpasal2 sy sggup balik wlupun dh abeh brtus2(im penggnggur k amd even amt just ratus2 bg sy still bnyk)...ntahla first time rsa ptus asa dgn dorg smpi sggup larikan diri...ntahla...sy sndiri xtau pe yg sy but as i come to met them, sy dh bniat utk jga tgkh laku spya dorg x trasa ht o watever bad things laa.,.bila jmpa sorg, ntahla mcm ok je...bolh mluah2...but ble dh jmpe mmbe yg lain, sy rsa trpinggir...seriously mcm org asing...entahlaa kan...just nak mluah ape yg trbuku...btw sy mmg ngaku mmg x rmi kwan n sy anggap dorg is my true fren...tp ble jd cmni...dh xnk dh nk bsmpati or fk wateva +things psl dorg...thanxs for the notes ya,..will took it as advices :)

alkautsar said...

alhamdulillah...., syukron atas dah singgah dan komentar kat posting nih.. ( cuba sdikit cakap malay, heheh ).
masalah saudara ( tak tahu nama pula, tak mungkin saya panggil hatingmyself ) dah saya paparkan dalam tulisan ini. cuba fahami lagi bagian sabar.

usaha saudara dah menyambung silaturrahmi tiada sia2, Allah Maha Melihat dan Penyayang. Tidak hal itu harus membuat saudara berputus asa kepada ridha Allah, andai mereka belum jua mahu membalas kebaikan saudara, ikhlas dan tawakkallah. doakan kebaikan atas mereka. bersihkan hati saudara dari perasangka2 yg ianya hanya akan undang kehadiran syetan laknatullah.

kembali kepada diri saudara sendiri, cubalah untuk tetap muhasabah diri. ada perkara pasti ada penyebabnya. setelah itu mohon ampunlah kepadaNya.

semoga Allah memberi cahaya kepada saudara dan kepada karib saudara yg skrg menjauhi saudara.

Amiiin...

Unknown said...

IZIN untuk menggunakan artikel ini dalam blog saya

alkautsar said...

silahkan Mbak.....
mohon sertakan sumbernya :)

Anonymous said...

aslmkm..
apakah salah klo sy slalu msekeluarga.enghindar dr org yg pernah nyakitin saya sekeluarga? walaupun dia adalah nenek dan tante saya sendiri. saya trauma krn mereka pernah hampir menghancurkan rumah tangga orang tua saya akibat adu domba mereka. rasa hormat dan kasih sayang saya serasa sdh hilang. jd sy memutuskan memilih "tidak bersinggungan dgn mrk", ketika mereka mulau meminta maaf .
tetapi ibu sy memperingatkan utk ttp menghormati nenek. kenapa? apa gara3 tdk hormat lg dgn nenek sy termasuk durhaka? bukankah yg wajib utk berbakti itu hanya kepada ibu dan ayah sj (pst bkn nenek). terimakasih.. salam

Anonymous said...

istri saudara kembar suami saya sangat membenci saya slamj 3 thn sy menikah dy tdk prnh menyapa apalagi mengajak bicara sy,padahal sy udh prnh minta maaf dg suami tp trnyatat dy ttp benci pd sy bahkan ketika sy mengajak bersalaman dy malah melengos mukanya yg lbh parah lg anak2nya dilarang utk bermain dg anak sy.menurut anda apa yg seharusnya sy lakukan?kl sy pengenx rukun sm saudara bhkan sy heran knp dy bdg
itu benci pm sy

alkautsar said...

Assalamu'alaikum....
sayang sekali yang komentar tidak sebutkan nama..
tapi tak apa2 lah....
untuk sahabat saya (menghindari nenek/tante)
memang..., sangat beraat. secara manusiawi kita memiliki rasa trauma. Jujur andai saya ada di posisi itu, saya akui itu sangaaaaaaaaat sulit sekali, sebagai acuan mungkin sahabat pernah dengar hadist ini,,,
Suatu hari Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah, ‘’Wahai Rasulullah, pernahkah engkau mengalami hari yang lebih buruk dari Perang Uhud?’’ Rasulullah menjawab, ‘’Suatu hari aku pernah menemui kaum yang sangat kejam yang belum pernah aku temui, yaitu hari di mana aku menemui kaum kampung aqobah (di Thaif), ketika aku ingin menemui (untuk meminta perlindungan, sekaligus menyebarkan islam) Ibnu Abi Yalil bin Abdi Kulal (salah satu pembesar di Thaif), tetapi dia tidak memenuhi keinginanku, lalu aku pulang dalam keadaan wajahku berdarah (karena perlakuan warganya yang melempaliranya dengan batu). Ketika aku berhenti di Qarnul Tsa’alib (Miqat Qarnul Manajil), aku melihat ke atas dan awan memayungiku sehingga aku merasa teduh. Lalu, aku melihat Jibril memanggilku, seraya berkata: ‘’Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan (hinaan) kaummu dan penolakan mereka kepadamu. Allah telah mengutus malaikat penjaga gunung terhadapmu.’’

‘’Ya Muhammad,’’ sahut malaikat penjaga gunung. ‘’Jika engkau mau supaya aku melipatkan Akhsyabain (dua gunung di Makkahm, yaitu gunung Abi Qubaisy dan gunung yang menghadapnya) ini di atas mereka, niscaya akan aku lakukan.’’ Namun, Rasulullah SAW malah berdoa (tidak ada sedikit pun keinginan untuk membalasnya). Bahkan, aku berharap mudah-mudahan Allah mengeluarkan dari tulang rusuk mereka (keturunan) yang menyembah Allah yang Esa dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun (HR Bukhari Muslim).

hadist di atas shahih dari Bukhari Muslim, sebagai inspirasi akhlak Rasulullah SAW terhadap orang2 yang membencinya. Bahkan malaikat sendiri tidak tahan melihatnya. Tapi dengan tenang Beliau tetap lembut hatinya serta memilih untuk mendoakannya dan keturunannya agar suatu saat berada di jalan Allah.

Secara rasa manusiawi, saya coba kasi pandangan untuk sahabat.
titik berat kepada kalimat "ketika mereka mulau meminta maaf .
tetapi ibu sy memperingatkan utk ttp menghormati nenek"
artinya bagaimana pun orang tua kita itu, adalah mereka jua orang tua kita. Seburuk apapun itu....!!!
Jangan sekali2 ada dendam di hati..., ketahui bahwa dendam dan sifat tidak pemaaf itu adalah berasal dari rasa sombong, tinggi hati krna godaan syetan. Ingat jika orang yg memiliki sombong di hatinya tak akan masuk surga (hadist)
Kalimat sahabat yang ini "apa gara3 tdk hormat lg dgn nenek sy termasuk durhaka? bukankah yg wajib utk berbakti itu hanya kepada ibu dan ayah sj (pst bkn nenek)"
mbak benar..., setahu saya durhaka dalam quran dan hadist hanya kepada orang tua kita. Mbak gk dikatakan durhaka jika ada benci di hati kepada nenek.
saya kasi analogi ya. untuk solusinya mungkin bisa dengan :
1. Ingat kan tentang arti maaf secara hakiki, maaf itu adalah betul2 ikhlas dan bersih hatinya untuk menerima kenyataan dan keadaan seseorang, ketika ia meminta maaf, harusnya hati telah bersih dari dendam dan benci.
2. Coba bayangkan perasaan ibu sahabat juga, bagaimana perasaannya jika anak2nya membenci ibu kandungnya sendiri. seorang anak pasti sangat mencintai ibunya. Andai sahabat ada pada posisinya, insyaallah sahabat mengerti.
3. Sebagai masa recovery diri.., sahabat boleh saja seperti menghindar (sementara, bukan berkepanjangan) utk menyembuhkan luka. Cukupkan dengan kejadian di masa lalu adalah sebagai pelajaran untuk kita. Setidaknya sahabat dah tahu bagaimana sifat nenek dan tante sahabat.
Saya jujur, saya sudah merasakan apa yang sahabat rasakan,... itu yang saya selalu berusaha untuk melakukannya. smoga Allah memberi petunjuk dan ketentraman di hati kita. Amiiiin

alkautsar said...

sahabat saya yang bertanya tentang istri dari kembaran suaminya....
Mbak..., ada beberapa saran dari saya yang mungkin bisa mbak lakukan
1. Tentang mbak yang dah minta maaf tapi tetap saja keras hatinya. Mbak harus ingat bahwa yang menggenggam hati kita itu adalah Allah, Allah yang membolak balikkan hati kita. Allah yang berhak memberi hidayah kepada hambaNya. Klu mbak dah minta maaf, tapi masih juga ia keras, biarkanlah..,sabar dan doakan supaya Allah memberi hidayah kpda hatinya. Setidaknya Tali silaturrahmi itu dah mbak sambung kembali. Allah Maha melihat. Kekerasan hatinya merupakan cobaan untuk mbak, apakah mbak akan mengikuti hatinya atau mbak tetap dalam keadaan menjaga silaturrahmi dengannya. Klu istrinya blm mau akur dengan mbak..., ya biarlah waktu yang menjawabnya. Mbak juga gak tinggal dengan dia kan??
yg tinggal sama mbak itu adalah suami dan anak2 mbak tooh?? Tapi harus selalu hormat, bagaimana pun mereka itu family mbak.
2. Klu mbak ingin akur dengan dia, coba instrospeksi diri dulu, jgn langsung salahkan orang lain dari sikapnya. Coba ingat kembali apa yang membuat hatinya keras seperti itu kpda mbak. atau mungkin tambahan, coba cari hal2 yang mungkin membuat hatinya senang dan suka sama mbak. Dengan catatan, mbak bukan mengemis kasih padanya. Lakukan dengan sewajarnya saja, jgn terlalu merendahkan mbak.
3. tentang anak2nya yang dilarang bermain dengan anak2 mbak..., itu salah saru akibat dari ketidak rukunan mbak dengan dia. Gak usah mbak ikut2-an larang anak2 mbak utk melakukan hal yang sama. Klu orang dah benci kepada kita.., biarlah..., toh anak2 mbak masih banyakkan kawan2nya?? bagaimanapun mbak harus selalu berusaha untuk tetap berbuat baik kpda ayah ibunya dan anak2nya. Allah Maha melihat dan Maha Tahu...
itu mungkin saran saya.
Walloohua'laam
wassalam

Anonymous said...

Assalamualaikum, gimana untuk menghilangkan rasa marah dendam apabila mengetahui suami telah berselingkuh bersama teman baik saya, dan telah melakukan zina? Hati saya kecewa amat, tetapi suami telah menyadari kesalahannya dan telah memohon ampun dan maaf, dan telah bertaubat.

Tapi hati saya masih pedih, antara rasa luka, marah dendam terutama kepada perempuan itu, Tegar sungguh dia melakukan sedemikian sedangkan saya ini teman baiknya dan sering membantunya ketika dia kesulitan.

alkautsar said...

wa'alaikumsalam....
Pesan di FB sudah masuk dan telah saya balas...
afwan karena kesibukan saya tak sempat membalas dengan cepat...

Perkara masalah mbak tersebut, iya...., wajar mbak memiliki rasa itu. Bagaimana tidak seorang sahabat sendiri tega bermain di belakang mbak, saya mengerti perasaan mbak sebagai perempuan, itu sangat sakit.
Tp, yang namanya benci dan dendam itu pula tidak baik disimpan dalam hati, ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi solusi untuk Mbak :

1. Allah berfirman :
Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik
Q.S. Al-Hijr 15 : 85

dari ayat itu telah nampak jelas supaya kita memaafkan seseorang itu dengan cara yang baik.

2. Jika kembali dalam kepada sejarah, coba kita ingat tentang Abu Bakar r.a yang tidak akan memberi apa2 lagi kepada orang2 (termasuk kerabatnya) yg menyebarkan keburukan kepada Aisyah r.a , kemudian Allah menegur Beliau dgn turunnya ayat ini :

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka mema'afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang
Q.S An-Nur 24:22
intinya, lapangkanlah dada, jangan jadikan beban, perkara dosa adalah urusan Allah, bukankah mereka sesudah mendapat hukuman atas perbuatan mereka itu (Dosa)..??

3. Perlu mbak ingat bahwa setiap kita manusia memiliki nafsu dan tak luput dari khilaf dan salah. Allah Maha membolak-balikkan hati, begitu jua iman terkadang naik dan turun, di saat iman itu terkalahkan nafsu, jangankan suami sahabat sendiri, bahkan, (maaf) orang tua atau saudara sendiri pun bisa melakukannya. Tetapi pasti Benar, setiap kita ingin terhindar dari dosa, Allah Maha pengampun, jika mereka telah bertaubat kenapa Mbak harus terus membencinya?? Bagaimana pula maaf yang mbak berikan kepada suami mbak?? Bagaimana cara mbak memberinya maaf sementar suami mbak jua adalah pelakunya?
4. Jalan terakhir jika jua hati itu masih keras juga, coba mbak baca dan pahami wasiat Rasulullah menjelang ajalnya :
Ibnu Mas’ud berkata: ”Ketika dekat wafat Nabi Muhammad SAW
berkumpullah kami di rumah Ibu kita Aisyah. Kemudian Beliau memandang
kami dan bercucuranlah air matanya.


Mereka berkata:
”Ya Rasulullah, engkau adalah Rasul kami
dan kepala kumpulan kami. Serta penguasa perkara kami. Jika engkau
harus pergi, lalu kepada siapakah nanti kami akan kembali dalam
menghadapi kesulitan?”


Nabi Muhammad SAW bersabda :
”Aku tinggalkan kamu pada jalan kebenaran dan jalan
yang bersinar dan aku tinggalkan untuk kamu dua penasehat: Yang
berbicara dan yang diam. Yang berbicara adalah Al-Qur’an, sedang yang
diam adalah kematian. Apabila ada sebuah kesulitan pada kamu maka
kembalilah kepada Al-Qur’an dan Sunnah, dan apabila hatimu keras
membantu lembutkanlah dia dengan mengambil pelajaran dengan hal ihwal
kematian.”


Semoga bermanfaat mbak… 
wassalam

tita said...

Saya punya teman cewek dikuliahan, dulu satu SMA sm saya, dari dulu setiap saya suka dengan seorang laki2 dia selalu ikut2 suka dengan laki2 yang saya suka itu dan selalu ganjen dengan laki2 yg saya suka. Waktu dulu saya masih SMA saya masih mau memaklumi dia, tapi waktu kuliah ini saya sangat membenci dia. Sebenarnya saya kasihan pada diri sendiri, Karna membenci orang lain pun gk ada gunanya, tapi mau gimana lagi, hati saya terlanjur membenci dia dan mau menghilangkan rasa itu pun sulit. Tolong beri solusi . trimakasih

ungukusuka said...

Assalamualaikum, terimakasih sudah menulis artikel yg begitu menyejukan hati say, saat ini saya memeang sdg dibenci sseorang krn membela kebenaran, kebenciannya begitu saya rasakan teramat sangat, tp saya yakin Allah maha adil, dan maha mengetahui, tetapi, bagaimana saya menghadapi orang tersebut? Saya sudah berusaha berlapang dada dan meminta maf untuk kesalahan yang tdk pernah saya perbuat, demi menyambung tali silaturahmi, tp yg saya dapatkan hanya cacian dan makian, demi Allah saya sedih sekali, sakitrasanya hati ini..
mohon solusinya, supaya saya tetap berlapang hati dan menjauhi sifat benci..
terimakasih
wassalam

Anonymous said...

Assalam...sy ada seorang kakak angkat..pada satu hari..trjd slah pham antara kami..skrang perasaan sayang bertukar menjadi benci terhadap diri sy..ape yg harus sy lakukan...sy bingung..

alkautsar said...

Mbak Titi Said, problemnya agak rumit ya?? Perkara asmara…, waduuuhh
Hehehhe.
Karna sebenarnya, untuk sekarang saya tidak berpacaran, makanya saya posting artikel tentang pandangan islam tentang pacaran.
tapi tak apalaah, mungkin bisa saja jika dengan batas nya. Hehehe
krna saya juga dulu pernah pacaran, saya mengerti apa yang Mbak tanyakan dan bagaimana rasanya.
jengkel ya? Menghadapi orang yang seperti itu rasanya…, waaah…, aneh rasanya.
Mungkin solusi yang bisa saya anjurkan adalah Mbak cobalah untuk berbaik sangka. Mungkin saja kawan mbak itu gk ada niat untuk merebut kekasih mbak. Atau mungkin jika itu dia lakukan ada factor yang bisa saja mendasarinya. Coba mbak ingat dulu mungkin di masa lalu pernah ada masalah dengannya yang membuat dia selalu mengganggu hubungan mbak. Atau mungkin memang kawan mbak memiliki sifat yang seperti itu, namanya Allah menciptakan manusia dengan berbagai sifat, tp jangan merasa jengkel dengannya secara berlebihan. Kerna Allah menciptakan segalanya dengan tidak sia-sia. Coba tarik hikmahnya, setidaknya dengan tingkahnya yang seperti itu mbak jadi membaca artikel ini toh??
heheeh. Solusi lain juga yang bisa smaya sarankan, apakah mbak yakin dalam memilih seorang calon ppendamping hidup? Coba cari cara untuk yakinkan dia supaya gak tergooda dengan bujuk rayu perempuan lain. Arinya sebenarnya jika mbak percaya jika calon pendamping hidup mbak itu adalah setia, ya weees, mbak gk perlu pikirkan berlebih. Bagaimana mungkin calon pasangan mbak itu berpaling jika dia betul-betul setia dan berhati mulia.
mungkin itu saran saya mbak, berbaik sangka, kenali lebih baik calon pasangannya, terus menjaga hati agar tidak terbawa suasana. Bagaimana pun ini hanyalah hiasan dunia.
wassalam 

alkautsar said...

Ungu kusuka, dengan masalah seperti itu, kamu harusnya berhati-hati dengan tindakan yang mungkin bisa menghapus pahala dari niat, Ingat..!! benci yang kamu rasakan adalah bisikan syetan laknatullah. Jangan sampai merasa perbuatan baik harus mendapat balasan baik dari seseorang. Sisi ikhlasnya adalah ujian yang nyata. Bukankah kita selalu berniat dengan ujung kalimat “karena Allah” ? Coba pertahankan pemahaman tentang yang kamu bilang tadi, “tp saya yakin Allah maha adil, dan maha mengetahui” ,

Tetap ingat dalam qalbu , dalam Q.S Al- An’aam ayat 162 Allah berfirman,
“sesungguhnya shalatku, hidupku dan matiku hanya untuk allah semata”

Perbuatan kamu tentang meminta maaf kepadanya walau tidak merasa ada kesalahan sama sekali itu sudah merupakan sebuah nilai tambah. Allah tiada tidur. Silaturrahmi telah diusahakan tersambung kembali, ingat..!! Q.S al-Baqarah 142 :

Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus".

Sakit hati yang kamu rasakan biarkanlah hanya sebatas disana saja, jangan sampai memendam. Berdoa kepada Allah agar dia mendapat petunjuk.
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). [Q.S. Ar Rahman: 60]
Itu cukupkan Allah yang akan membalasnya, jika manusia membalas dengan kebaikan pula, alhamdulillaah. jangan bersedih hati, Allah selalu beserta orang-orang yang sabar 
wassalam

alkautsar said...

anonymous.., mungkin perkara akan semakin jelas jika saya tahu mengapa sekarang perasaan kasih itu jadi benci.
jika saya tidak tahu perkaranya , saya hanya bsa kasi solusi untuk tetap berpegang kepada kebenaran, bersihkan hati dari dendam dan benci. Kerna sesungguhnya perasaan seperti itu menyiksa diri kita sendiri. Coba lakukan beberapa langkah yang sudah saya uraikan dalam tulisan saya.
terimakasih
wassalam :)

Unknown said...

terima kasih Saudara atas tulisannya... Tulisan ini menjadi pencerah dan penolong untuk menjadi penenang hati kami. Semoga amal kebaikanmu dibalas dengan berkah yang luar biasa dari Allah SWT. Boleh saya kutip ya...

alkautsar said...

De Virari....
afwan, sama-sama...
semoga semangat dakwah tetap subur...
silahkan dishare atau dikutip

mohon tuliskan sumbernya :)
wassalam

Anonymous said...

Mas boleh saya meminta pendapat?, dahulu kami dekat bahkan bersahabat, lalu timbul perasaan diantara kami dan kamipun berpacaran. Tapi, setelah 18 bulan, sikapnya berubah, kebohongan demi kebohongan pun terungkap, Ternyata ia mendekati adik tingkat saya, saya mempertemukan keduanya agar bisa jujur pada saya. Ternyata org itu lebih memilih putus dengan saya dan memilih adik tingkat saya. Setiap ia butuh sesuatu ia akan menghubungi saya sampai ia mendapat apa yg ia butuhkan. Terlebih lagi wanitanya yg sekarang seringkali mempublish foto kemesraan mereka. Bagaimana cara agar menghilangkan sakit hati saya ketika melihat kedua orang itu?
saya merasa tak sanggup lagi untuk bersahabat dengannya

Anonymous said...

Assalamualaikum. Nama saya Anita. Umur 21. Sebelum ini saya gadis yang sangat periang. Tapi akhir2 ini saya berubah drastis menjadi gadis kesepian dan murung ada kemungkinan sifat dendam dan benci yang membuat saya seperti ini. Sebelumnya saya pernah punya kekasih, bahkan kami sangat faham satu sama lain. Sampai akhirnya dia tiba2 menghilang tanpa pesan apapun dan yg membuat saya benci dia membawa lari barang paling berharga yang saya miliki. Dengan rasa benci itu sempat saya ingin report ke polisi. Tapi setelah saya fikir2, saya merasa kasian dengan dia. Setelah beberapa bulan akhirnya saya bisa menerima kenyataan dan sudah bisa melupakan dia. Masuk bulan ke 4 sahabat sayang menunjukkan foto kekasih saya itu dengan perempuan lain. Kemudian muncul kembali rasa benci dan dendam. Semakin saya memcoba menghapus dan melupakan semakin besar pula dendam dan rasa benci itu. Sampai sekarang benci dan dendam membuat saya benar2 berubah. Terlebih lagi saya jauh dengan orang tua itu membuat rasa kesepian. Apa yang harus saya lakukan pak? Wa'alaikumslam

Anonymous said...

Assalamualaikum.. saya memiliki kekasih yg tinggalnya diluar kota dan dia memiliki teman dekat seorang wanita yg telah bersuami dan sy juga berteman dgn wanita itu walau tdk pernah ketemu dan jarang berkomunikasi. Saya mulai membenci wanita itu semenjak saya mengetahui bahwa mereka saling telp2nan dan selalu memberi kabar satu sama lain tidak melihat waktu. Dan saya pernah mempertanyakan apa hubungan mereka dan kekasih saya bilang wanita itu sudah dianggapnya saudaranya/kakaknya tapi hati saya gak percaya mulai saat itu ketika saya melihat, mendengar,membaca semua tentang wanita itu kebencian saya memuncak. Mohon akhi bantuan buat solusi untuk menghilangkan rasa benci saya.. krn sampai skrg mereka masih saling berhubungan malah saya lihat di status media grup yg kekasih saya menjadi adminnya, wanita itu buat status kangen.. dan saya semakin membencinya.. sebelumnya terima kasih bantuan solusinya.. wassalam

Anonymous said...

Assalamualalaikum,nama saya martini .mau bertanya dan minta pendapatnya.
. Bukannya semua orang berhak suka atau tidak suka pada seseorang..? Dan ketika kita tidak suka pada seseorang karna sifatnya yg kurang baik,rasa sopanny kurang dan kurang beretika dan tidak tau orang tersebut masih prawan atau sudah tidak lagi karna pergaulannya yg kurang baik (walaupun blum tentu sifat sya sendiri lebih atau belum tentu baik,karna sya sndiri hanya seorang wanita biasa). Pada saat itu seseorang itu masuk menjadi sodara atau keluarga kita ,contohnya menjadi istri dari kakak pacar/suami kita yg tepatnya menjadi ipar kita sendiri, Padahal sebelumnya kita sudah berusaha menhindarinya karna setiap bertemu dngan orang tersebut, jangankan untuk menyapanya untuk melihat mukanya sja sudah berat hati dan untuk menjaga perasaan yg kurang baik itu dtang pada sya, sya lebih memilih untuk selalu menghindar dan tidak mau tau urusan dia dlam segi apapun itu agar semua tetap baik2 sja tpi pada akhirnya mlah seseorang itu menjadi bagian dari kita juga. Dari pernyataan tersebut sya minta pendapat dan solusi yg benar agar tidak ada pihak yg merasa tersakiti dan terbebani termasuk hati sya sendiri yg kurang menerima orang tersebut karna semua sifatnya.. Terimakasih.
Wassalamualaikum

Anonymous said...

Alhamdulillah saya bersyukur setelah diberi hidayah daripada Allah untuk menginsafi diri yang sangat kotor ini.Terima kasih di atas artikel yg sungguh bermanfaat dan bermakna ini , semoga Allah meredhai hidupmu kerna memberi tunjuk ajar kepada yg lain

alkautsar said...

Assalamu'alaikum warohmah
Untuk Mbak ( anonymous ) yang tengah menghadapi sakit di hati kerna kekasihnya yang telah dicintainya sampai 18 bulan, kepada Mbak Anita (21 Tahun )
Mbak.., dan kepada Mbak (anonymous) yang punya kekasih diluar kota,
Janganlah kita semua sampai lupa, tiada cinta yang sebenarnya hakiki melainkan hanya milikNya. Ingatkah pesan Rasulullah di saat menjelang azal Beliau,
kalau tak salah kalimatnya seperti ini :
"Kabarkanlah kepada semua ummatku, bahwa siapa saja diantara mereka yang mempertuhankan aku, mengagungkan aku sebagaimana tuhannya, sungguh aku pun akan Muhammad itu pun tiada abadi, tapi jika mereka benar-benar mencitai Allah, maka Allah itulah yang abadi"
(mungkin kalimatnya salah secara dalil, tapi maksudnya yang saya pahami seperti itu ( akhir film the message 1976 ada dipaparkan )

Cinta kepada manusia adalah tiada hakiki Mbak, kita sedang mencintai hamba yang tiada kekal, hamba yang memiliki nafsu yang selalu ada dalam dirinya. Berjumpa dan saling mencintainya dua orang kekasih yang keduanya adalah fana, pasti akhir dari cerita adalah perpisahan, semua perpisahan kerna masalah, bahkan dalam nuansa cinta itu sendiri (berpisah mati) pasti menyakitkan . Namun, tiada salah jika kita mencinta kepada seseorang, kerna kita memang diharuskan untuk mencintai sesama kita. Cinta adalah berkah Ilahi yang jika dilakukan dengan keimanan dan kebaikan akan menjadi ketentraman dan keindahan serta kedamaian kepadanya, tapi jika tidak dengan syarat dan iman yang kokoh, niscaya ia akan menjadi malapetaka yang menghancurkan hati.

Solusi yang bisa saya sarankan ya, kembali kepada tulisan yang saya paparkan, sabar dan ikhlaskanlah. Pandanglah kebaikan darinya. Jika ia lebih memilih wanita lain, relakanlah..!! bagaimana jika ia tetap pertahankan dengan mbak tapi hatinya tidak sepenuhnya kepada mbak? Jika memang ikhlas dan redha itu sudah pernah terjadi ( mbak Nita ) kemudian rasa sakit itu kembali, ketahuilah, Allah berfinman dalam QS. Al-Ankabut : 2-3
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.
Hakikat dan derajat ikhlas mbak itu sedang Allah uji, apakah iman itu telah kokoh? ataukah masih rapuh? Syetan (laknatullah tak akan lengah melihat peluang dan kelemahan kita).
Jika memang seseorang itu telah dianggap saudara, pasti kedekatan itu akan terjalin. Kerna ada cinta di dalamnya. Jika cinta diantara mereka adalah cinta yang baik dan tiada niat menghianati mbak, itu akan lebih baik kerna saudara bertambah. Berbaik sangkalah. Tapi jika memang hati tetap curiga, berusahalah untuk mendapatkan informasi yang betul2 kebenaran. Jika memang benar, maka musyawarahlah dengan cara yang baik. Bicaralah dengan cara yang baik dan hikmah.
Allah berfirman dalam Qs. Al-Imran : 139
“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman”
Insyaallah solusi akan sama-sama didapat. Tentang keputusan akhir, terserah mbak dan dia sama-sama melihat jalan yang terbaik, itulah hasil musyawarah. Kita semua tahu apa yang terbaik untuk kita jika kita pandai melihat ke arah mendatang.

akhirnya, sebagai tambahan, kita kembali mengambil ihwal dan pelajaran dari Qs. Al-Baqarah : 216
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”

Semoga bermanfaat
wassalam :)

alkautsar said...

Wa'alaikumsalam warohmah Mbak Martini,
saya belum perrnah baca atau ketahui secara pandangan Islam tentang hak untuk bisa suka atau tidak suka kepada seseorang ( mohon koreksi jika salah dan Mbak menemukan dalil yang menyeru kepada hal tersebut ). Yang saya tahu, membenci itu boleh saja terjadi, jika yang dibenci itu adalah hanya pada sifatnya saja.
Saya teringat dengan kisah seorang sahabat, Abu Darda r.a. Dari Ibnu Asakir dari Abu Qatadah bahwa suatu ketika Abu Darda r.a. melewati seorang lelaki yang telah melakukan dosa. Orang-orang mencacinya. Maka Abu Darda bertanya kepada mereka, "Jika kamu menjumpainya dalam sebuah telaga, apakah kamu akan mengeluarkannya dari telaga itu?"
Mereka menjawab, "Ya."
Kata Abu Darda, "Karena itu, janganlah kamu mencaci saudaramu dan hendaknya kalian semua memuji Allah yang memaafkan kalian."
Mereka pun berkata. "Apakah engkau tidak membencinya?"
Jawab Abu Darda, "Aku hanya membenci amalan buruknya dan sekiranya ia meninggalkan amalan buruknya, maka ia adalah saudaraku."

Bukankah Allah telah menegaskan dalam Al-quran :
“Sesungguhnya kaum mukminin itu adalah bersaudara.” (QS. Al-Hujurat: 10).
Mbak, setiap kita adalah sama di mata Allah, tentang baik buruknya kita adalah hak Allah untuk menghakiminya. Allah melihat kepada hati kita. Berbaik sangkalah.
Jika mbak melihat dia berbuat munkar, berusahalah sebagai saudaranya untuk mencegah dan mengarahkannya kepada jalan yang benar.
Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiyallahu 'anhu, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu, hendaklah dia merubah hal itu dengan lisannya. Apabila tidak mampu lagi, hendaknya dia ingkari dengan hatinya dan inilah selemah-lemah iman." (HR. Muslim no. 49)
Artinya, perilakunya yang kurang baik merupakan peluang yang Allah berikan kepada Mbak untuk berbuat baik sebagai hambanya yang telah diberi ilmu dan hidayah.
Apakah Mbak tidak menyadarinya, dari masuknya dia sebagai anggota keluarga Mbak?
Jangan mencelanya, kerna itu adalah perbuatan dosa.

“Jangan kalian saling hasad, jangan saling melakukan najasy, jangan kalian saling membenci, jangan kalian saling membelakangi, jangan sebagian kalian membeli barang yang telah dibeli orang lain, dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslim bagi lainnya, karenanya jangan dia menzhaliminya, jangan menghinanya, jangan berdusta kepadanya, dan jangan merendahkannya. Ketakwaan itu di sini -beliau menunjuk ke dadanya dan beliau mengucapkannya 3 kali-. Cukuplah seorang muslim dikatakan jelek akhlaknya jika dia merendahkan saudaranya sesama muslim. Setiap muslim diharamkan mengganggu darah, harta, dan kehormatan muslim lainnya.” (HR. Muslim no. 2564).

Intinya, saya kembalikan keppada hati mbak, buanglah rasa benci itu, terimalah dia sebagai saudara mbak. Arahkan kepada jalan kebaikan dengan cara yang baik dan hikmah. Hadist Rasulullah tentang 3 perilaku menyikapi kemunkaran di atas adalah sebagai ukuran kepada kita, sampai dimana sekarang derajat iman kita?
Bersyukurlah Kerna Allah menjadikan pola hidup dan sikap Mbak jauh dari kemunkaran dan tatakrama yang kurang baik. Nyatakan syukur itu dengan memberi manfaat kepada orang lain. Sejahat-jahat manusia, jika ia masih memegang syahadat di hatinya, dia adalah saudara kita.
Niatkan semua kerna Allah, berhasil atau tidaknya usaha mbak, jika mbak mengawali niat dengan baik, insyaallah ujungnya adalah Mbak memandang Allah. Allah Maha Melihat. Apakah hati mbak akan sakit lagi jika segala sesuatu usaha dan pandangan mbak telah menuju kepada rahmatNya?

Insya-Allah, saya yakin tidak. Berdakwalah. Sebarkanlah manfaat dan rahmat di muka bumi.
smoga Allah memberi kekuatan dan hidayah kepada Mbak. Inilah yang bisa saya sarankan kepada Mbak.
Semoga bermanfaat,
Wassalam :)

alkautsar said...

Kepada Anonymous, Syukron katsir. Kiranya artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas doanya, Semoga Allah mengijabahkannya. Amiiin ya Allah.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
wassalam :)

Unknown said...

Jika kita membenci saudara kita yg muslim, tidak diperbolehkan lebih dari 3 hari. Tapi bagaimana jika ada perkara/perselisihan dg saudara yg non muslim. Apa yg harus kita lakukan?

Anonymous said...

Assalamualaikum..sy ingin bertanya macam mana untuk melawan rasa benci pada seseorang?sebelum ini,saya dan kawan saya agak rapat,jadi mungkin kerana itu dia lagi tunjukkan perangai dia yang pemarah,degil hanya kepada saya..setiap kali itu berlaku,saya yang akan mengalah..tapi lama kelamaan perasaan saya yang hanya mengalah dan sedih itu bertukar marah dan mungkin berdendam untuk balas balik apa yang dia pernah buat kepada saya..saya tahu saya hanya sakitkan hati sendiri dengan berbuat begitu,tapi saya xboleh halang dah perasaan marah dan benci terhadap dia..kadang2 kalau dia berbuat baik atau ceria,saya rasa menyampah atau tidak suka..jadi apa cara yang effectif yg saya boleh buat untuk hilangkan perasaan ini..

noniwijaya said...

Assalamualaikum...saya..punya masalah dengan sepupu sy..seorang pria..dulu kami dekat...dan saya merasa..dy menyukai..saya..namun..perasaan itu tidak pernah diungkapkn..scr terbuka dengan saya..cm kami.sepertinya trlalu berat..untuk berpisah..mskipun.
Kami tahu tidak mungkin untuk bersama..karena sy takut apakah km bs menikah suatu hari..nanti
Perlu diketahui..km sama2 sangat saling menyayangi dan..menjaga kehormatan dan kesopanan masing2..kami sepupu tapi bukan dari kakek/ nenek yg sama..tp buyut..sedangkn orang tua saya..krn ada perselisihn dgn orangtuanya..sgt menentang hub. Kami..hingga suatu hr saya..menghadap ayah saya.untuk menyampaikan apa yg sy rasakan thd sepupu..tnp mengkonfirmasi terlbih dahulu..ayah saya..mendesak sepupu saya..sehingga sungguh sy teramat malu tak terelakkan..krn sepupu sy jg syok..dan menolak saya..bhkan..tdk mau lagi berkomunikasi dgn saya dan saya jg tdk bs memahami..knp sikapnya..bertolak belakng dngn apa yg sy ketahui..mgkinkah dy mendendam..dhingga spt ini..dan akhirnya ada kabar akn menikah..sungguh trmat sakit..namun iman kpd Allah..membuat sy ttp kuat..hy saja..sikapnya..yg tdk membals itikat baik sy.mskipun sy tlhh iklas dan rela..mnimbulkn penolakn yg sama..shingga sy pun berniat utk tdk menghadiri perhelatan nikahnya...bagaimanakah..saya melupakan..perasaan ini..kalau memang marah seharusnya sy yg merasa dipermainkn..tp knp dy yg menolak menyambung silaturahim dgn saya..trmksh ..wassalm

Anonymous said...

assalamualaikum, setelah saya baca artikel satu ini saya ingin sekali untuk bertanya sesuatu yang mungkin janggal dari dulu sampai saat ini,
saya anak pertama perempuan, ayah saya seorang polisi yang dulunya dididik sangat amat keras dan kejam. dari saya kecil sama memang disiksa mulai dari di borgol, di tampar, dimaki2, di sabet gesper dan banyak lagi, walaupun kadang salahnya itu bisa di selesaikan dengan baik2.
sampai beranjak besar saya masih timbul dendam sama ayah saya, ayah saya tidak bisa dikasih pendapat, tidak bisa dibecadain sedikit, tidak bisa menjadi teman yang baik, kalau berbicara selalu langsung marah kalo ada hal yg mungkin ada beda pendapat. sampai akhirnya saya ingin menikah
saya bingung harus gmn dengan perasaan ini.. setiap saya memandang ayah saya, saya sangat benci yang amat mendalam. dan setiap ada minta pendapat sama ibu dan ayah saya, salah paham sedikit langsung ayah saya bicara kasar dan tinggi selalu dan selalu seperti itu dari kecil hingga besar dan bicara saya anak kurang ajar dll. padahal ibu saya menanggepinnya becanda juga sama seperti saya.
dan waktu pertama saya mendapat kerjaan ayah saya selalu menyepelekan saya, entah dari gaji, entah dari kantor, dan entah dari libur.. semuanya hidup saya selalu disepelekan oleh ayah saya...
saya pernah bicara dengan ayah saya kalau tidak semua yang ayah liat dan dengar itu hal yg membuat berantem keluarga, tp ayah saya bicara lagi, kalau saya lancang
apa yg harus saya lakukan. setiap hari-hari saya, jika melihat ayah saya sendiri rasanya tidak pingin ada dia didunia ini. dan suatu hari saya tidak sengaja ada sebuah sms dari wanita lain yg bukan ibuku, dia sms sangat mesra dengan ayah saya, itu membuat saya makin dendam dan makin dalam rasa sakit itu, karena saya merasa ayah saya tidak bisa membahagiakan ibu saya dan anaknya tapi malah cari perempuan lain
apa yg harus saya lakukan terhadap ayah saya yg amat kasar itu?? terima kasih maaf kalau ada kata2 yang kurang berkenan
wasalamualaikum

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb

Jika yg membenci itu orang yg pernah kita sayangi bagaimana? apakah kita harus membencinya kembali ataukah berbuat baik kepada orang yg dlu pernah kita sayangi?

wassalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Dendam...
Sesuatu yg di bisa di bilang motifasi terbesar dalam hidup saya
Saya tidak akan pernah melakukan hal yg mereka lakukan
Tapi, walaupun saya dapat mengubah energi negatif menjadi motifasi, tetap saja timbul rasa kebencian yg teramat dalam.
Lantas saya meng-akali kebencian saya dengan meninggalkan mereka sekalipun itu sesuatu yg tidak benar
Walaupun demikian tetap saja saya tidak dapat membuat hati saya menjadi lebih tenang walaupun saya terlihat tenang di depan mereka
Mohon bimbingan nya

Wassalamualaikum

Unknown said...

Assalamualaikum ustd
Entah kenapa hati saya sangat sensitif, cepat sekali dendam memasuki hati saya walaupun masalahnya kecil, alhamdulillah saya ada berzikir dan bersedekah, bagaimana solusinya ustd?

alkautsar said...

Assalamu'alaikum Mbak Yulian Aprianti, Afwan kerna kesibukan saya mungkin terlalu lama merespon.
Perkara kebencian terhadap orang2 non muslim dapat berpondasi kepada kode etik dan tentunya kita berpondasi kepada quran dan Hadist. Sebelumnya snaya jelaskan bahwa dengan kondisi apapun kita tidak bisa mengatakn bahwa kita bersaudara dengan muslim, berdasarkan pertanyaan Mbak “ saudara kita yang non muslim” itu tidak benar. Heheheh 

Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada kita bagaimana menghadapi mereka yang non muslim. Sikap seorang muslim kepada non muslim dalam soal hati, cinta dan kebencian hati didasarkan kepada perilaku mereka kepada Allah. Kerna mereka tidak beriman kepada Allah dan menyekutukanNya, selayaknya kita harus membenci mereka. Tapi dalam hal ini, benci bukan berarti sikap menzalimi. Kita punya toleransi dank ode etik, islam bukanlah agama jahiliyah melainkan Islam adalah agama yang punya toleransi dan tatakrama yang baik yang semuanya diatur dalam quran dan Hadist.
Menurut pendapat ulama, Rasulullah membedakan kafir itu dalam 4 bagian, :

Kafir harbi atau kafir muharib, yaitu orang kafir yang berada dalam peperangan dan permusuhan terhadap kaum muslimin
Kafir dzimmi, yaitu orang kafir yang hidup di tengah kaum muslimin di bawah pemerintah muslim dan mereka membayar jizyah setiap tahun
Kafir mu’ahhad, yaitu orang kafir yang sedang berada dalam perjanjian dengan kaum muslimin dalam jangka waktu tertentu
Kafir musta’man, yaitu orang kafir yang dijamin keamanannya oleh kaum muslimin

Tapi secara garis besar dapat kita kelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan Hadist Rasulullah SAW, Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma: “Dahulu kaum musyrikin terhadap Nabi shallallahu’alaihi wasallam dan kaum mukminin, mereka terbagi menjadi 2 kelompok: musyrikin ahlul harbi, mereka memerangi kami dan kami memerangi mereka dan musyrikin ahlul ‘ahdi, mereka tidak memerangi kami dan kami tidak memerangi mereka” (HR. Bukhari)
Berdasarkan itu, kita tidak dilarang untuk memutuskan hubungan dengan mereka , kita boleh bekerjasama dalam hal muamalah dan kemaslahatan sosial. Dan kita pastinya terpisah dalam perkara ibadah sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah :
Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allâh, padahal Dia adalah Rabb kami dan Rabb kamu; bagi kami amalan kami, dan bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati. [Al-Baqarah/2: 139]

Simpulnya…, kembali kepada hadist rasulullah SAW yang saya tuliskan di atas. kita wajib membenci mereka dari perbuatan mereka yang mengganggu Islam bahkan kita boleh memerangi mereka, tapi jiak mereka tidak mengganggu syariat kita layaknya seorang muslim yang baik kita harus berbuat baik pula. heheh, keknya dah 2 sks ni ya?? tak apalah…, semoga bermanfaat
wassalam

alkautsar said...

kepada Anonymous dengan pertanyaan kawan yang dulunya rapat, tapi seuka marah, degil dan lainnya.,
Wa’alaikumusslam warohma,
Tentunya seseorang ingin dihormati juga layaknya kita mnghormatinya. sungguh jengkel juga rasanya jika punya kawan macam itu, hehehe
Tapi jengkelnya jangan berlama-lama ya..., sebelum terjebak dalam kebencian, harusnya kita kenali dahulu siapa kawan dekat kita tersebut?? Apakah hanya kepada kita dia berbuat demikian atau mungkin kepada semua orang. Dalam catatan, setiap kita ciptaan Allah memiliki karakter dan sikap bawaan masing2 yang sangat susah diubah atau bahkan tidak bisa diubahnya. Dari itu kita harus lebih mengerti tentang perangainya,
Tapi jika memang dia berbuat demikian hanya kepada kita saja.., saran saya coba cari waktu yang tepat.., ajaklah bermusyawarah. Tanyakan alasan mengapa dia berbuat demikian dengan sikap yang baik dan santun. Jangan sampai terbawa emosi. Kemudian kita akan bisa saling koreksi diri.
Anda bilang kadang- kadang ia juga berbuat baik dan ceria tapi anda merasa menyampah dan tidak suka. Itu adalah detektor kebencian sudah bersarang di hati. Coba lapang kan dada, berperasangkan baik, mungkin sifat tidak baik darinya adalah memang sifat bawaan. Kerna dia juga masih mau berbuat baik seperti yang anda jelaskan. Mungkin step by step dari tulisan saya di atas bisa dipraktekkan terlebih dahulu, insyaallah masalahnya bisa diatasi.
Ingat.., coba pelajari karakternya. Kita tidak bisa memaksakan seseorang harus bisa sesuai yang kita inginkan, melainkan kita bisa menyesuaikan diri dan menerimanya apa adanya. Jadilah bijaksana.
Semoga bermanfaat. Wassalam :)

Nurhayati Andi said...

Assalamualaikum.
Bagaimana y cara menghilangkan rasa dendam dihati karena orang ygiri dgn kita

Unknown said...

bagaimana cara menghilangkan dendam terhadap keluarga dan orang2 dilingkungan kita??

Anonymous said...

Saya juga memiliki rasa benci juga dendam hanya saja saya tidak ingin larut didalamnya saya berusaha menegur bahkan mengajaknya berbicara tapi seringkali dia membuang muka jika saya sapa juga pura2 tak mendengar jika saya mengajaknya berbicara...rasanya sakit sekali tapi saya tetap berusa menyapa dan tersenyum...lalu saya mulai lelah yang terpikir oleh saya saat ini hanyalah satu bagaimana membuang rasa benci jg sakit hati ini dan seolah2 saya tak pernah bermasalah dengan mereka...

Anonymous said...

Saya juga memiliki rasa benci juga dendam hanya saja saya tidak ingin larut didalamnya saya berusaha menegur bahkan mengajaknya berbicara tapi seringkali dia membuang muka jika saya sapa juga pura2 tak mendengar jika saya mengajaknya berbicara...rasanya sakit sekali tapi saya tetap berusa menyapa dan tersenyum...lalu saya mulai lelah yang terpikir oleh saya saat ini hanyalah satu bagaimana membuang rasa benci jg sakit hati ini dan seolah2 saya tak pernah bermasalah dengan mereka...

Anonymous said...

As salam ustaz. Nama saya Nur. Boleh sy tau fb id ustaz supaya bisa saya msg personal sama ustaz.
Terima kasih.

hh said...

Hatiq jg di slimuti dgn kbencian yg mendalam.. Tp q binun mw koment apa... Krna bagiq itu smua adalah takdir hidup yg di brikan allah kpada kita.

Unknown said...

assalamualaikum...
sejak 2011 sampai skrg aku di musuhi ibu kandungku,,, beliau sangat membeciku lantaran wkt itu aku menolak perjodohan dr beliau, hingga ibu,,, cuek dan gak mau tau tentang kelanjutan hdku,, aku sapa pun beliau tdk menjawab. hingga,,,, q putuskan pergi merantau ke Luar negeri. diluar negeri 3th, dan stlh itu aku kembali indoNesia,, dan plg kermh orgtuaku, dan ibuku tetap tak mau kusapa, seperti msh marah dgku.. hingga aku putuskan untuk menikah dg pilihanku, namun, ibukupun tak mau merestuiku, dy acuh dan gak mau tau tentang aku . kalo ayahku,, selalu mensuport aku, slu mendukung aku selama aku bs bahagia, hanya ibuku yg msh cuek dgku,, aku sebenarnya kangen dg ibu, tp ,,, ibu..... sepertinya sudah tidak mengingkan aku. trimakasih. mohon dikasih solusi

wassalam...

Ikilubis said...

Assalamuailaikum, maaf baru bergabung. Singkat cerita saya ingin meminta bantuan utk cara menghikangkan rasa benci itu sendiri. Rasa benci itu berawal dari teman saya sendiri mas, saya membencinya karna sifatnya yang terllau berlebihan dalam bersikap dan berbicara seperti wanita yang mentel gtu mas hehe, karna sejujurnya saya mmg sgt kurang respect dgn org seperti itu, terlebih dia begitu dgn pacar saya dlu, tapi dulu mas skrg sudah engga. Padahal kami berteman baik, bahkan sampai skrg masih berteman, dan saya masih menyimpan rasa benci itu mas, karna terkadang cemburu melihat dia berbicara dgn mantan saya, cemburu ketika dia jauh lbh hebat dari saya, banyak sifat yabg buruk yg saya letakkan kepdanya mas. Jadi krna itu saya ingin memperbaiki diri, bagaimana saya bisa menerima semua kekurangan dan kelebihannya mas? Bisa memaklumi sifat nya yg saya tidak suka? Dan menjauhi rasa benci itu sendiri utk persahabatan kami. Karna saya sudah lelah meraskan benci ini mas, saya sadar rasa benci ini merugikan diri saya sendiri. Ttp sll saya coba utk tdk membwncinya, ttp trkdg bisa trkdg tidak. Bagaiman utk sll konsisten agar sll menghapus rasa benci drnya mas, pdhl dia juga baik dengan saya. Mohon bantuannya mas :(

Anonymous said...

Assalamualaikum.. Saya sempat berselisih faham dengan sahabat saya.kita sempat debat meskipun cuma lewat sms.selang beberapa jam kemudian sya sms dia buat minta maaf.tp stelah itu sya matikan hp sya.karna saya takut nanti kalo dia membalasnya dg kata'' yg menimbulkan perselisihan lgi.intinya di situ sya sudah minta maaf.yg sya mau tanyakan adalah apakah sya salah krna telah non aktifkan hp.krna saya tidak ingin ada perselisihan lagi dg sahabat sya itu.trimakasih wassalam 🙏🙏

Imah said...

Assalamu alaikum...gmana ya menghilangkan rasa sakit trhdp suami yg ketahuan masih mengingat mantan pacarnya...sy tiap hr rbut sama suami krna hal iti...ay mnjadi tidak tenang...suami ssh minta maaf..ay maafin to stlah itu ketahuan dy menyimpam foto mntan di hpnya...diam2 serimg bbman klo lg diluar rumah...stlah ktahuan aplikasi bbmnya dihapus...
Tp ditempat kerja suami sy ttp berusaha tuk ttap brhbngan dgn mantan dia pake hp lain..tpi untuk mnuduh dia selingkuh sy tdk punya bukti..tp tetap aja sakit hati dam dendam...bgmana caranya untuk menghilangkan rada sakit hati n benci pada suami sy...trima kasih

Imah said...

Assalamu alaikum...gmana ya menghilangkan rasa sakit trhdp suami yg ketahuan masih mengingat mantan pacarnya...sy tiap hr rbut sama suami krna hal iti...ay mnjadi tidak tenang...suami ssh minta maaf..ay maafin to stlah itu ketahuan dy menyimpam foto mntan di hpnya...diam2 serimg bbman klo lg diluar rumah...stlah ktahuan aplikasi bbmnya dihapus...
Tp ditempat kerja suami sy ttp berusaha tuk ttap brhbngan dgn mantan dia pake hp lain..tpi untuk mnuduh dia selingkuh sy tdk punya bukti..tp tetap aja sakit hati dam dendam...bgmana caranya untuk menghilangkan rada sakit hati n benci pada suami sy...trima kasih

Imah said...

Assalamu alaikum...gmana ya menghilangkan rasa sakit trhdp suami yg ketahuan masih mengingat mantan pacarnya...sy tiap hr rbut sama suami krna hal iti...ay mnjadi tidak tenang...suami ssh minta maaf..ay maafin to stlah itu ketahuan dy menyimpam foto mntan di hpnya...diam2 serimg bbman klo lg diluar rumah...stlah ktahuan aplikasi bbmnya dihapus...
Tp ditempat kerja suami sy ttp berusaha tuk ttap brhbngan dgn mantan dia pake hp lain..tpi untuk mnuduh dia selingkuh sy tdk punya bukti..tp tetap aja sakit hati dam dendam...bgmana caranya untuk menghilangkan rada sakit hati n benci pada suami sy...trima kasih

Anonymous said...

assalamualaikum pak sy dhany.. sy punya istri yg memiliki sifat benci kpd org lain tepatnya dgn rekan kerjanya. wlw sudah sy nasehati berulang kali tp istri sy ttp aja gak perduli bahkan sampai istri sy bilang "kalau sdh benci ya benci" bahkan istri sy jg suka bicara kejelekan org tsb yg dy benci, sampai sy bingung pak harus dengan cara apalagi utk menghilangkan sifat buruk istri sy?? tolong di bantu ya pak ustad karna sy tidak mau kalau istri sy nanti jadi org yg merugi :'( tolong pak

Anonymous said...

Ass...sy sngt membenci suami sy, krna dia pernah melawan ibu sy dan berkelahi dgn adik kandung sy..krna saat itu adik sy tidak terima ibu sy di bentak keras oleh suami sy...dan suami sy pun pernah menelantarkan sy saat sy hamil muda,, selama 2 minggu,pdhal keluarga sy sdh memberitahukan bhwa saat itu sy berada di RS, krna nge drop setelah kejadian keributan itu..bynk kejadian2 yg dilakukan oleh suami sy,yg membuat sy benci dan sakit hati..sy ingin bercerai tp di larang oleh org tua sy,krna alesan nya malu sm tetangga...akhirnya sy tetap menjalankan rmh tangga dgn suami sy..tp hati sy ini msh sj selalu benci dan dendam pda suami sy..mohon bantuan nya pak.. sy uda gx kuat dan gx sanggup..nahan sakit hati dan benci terhadap suami sy..smpe detik ini..perasaan sy sll ingin cerai dr nya

Anonymous said...

Bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa dendam terhadap teman yg telah memfitnah saya dan suami, padahal dulu mereka pernah saya bantu, namun balasan malah membuat fitnah, sehingga bila bertemu rasa dendam itu muncul

Unknown said...

Alhamdulillah, terima kasih, ditulis dan dikomentari dengan baik oleh penulis, semoga menjadi pengetahuan yg bermanfaat bagi ummat dan semoga Allah juga memberi balasan yang baik. Dan mohon ijin copy paste serta share di fb saya, terima kasih

diana pungki said...

Assalamualikum . . Bagaimana cara menghilangkan rasa benci dan dendam kpada org yg sama sekali blm kita temui .
Knp saya bisa membencinya karrna saya tidak suka dngan cara hidupnya dan dri cerita org . Dri situlah sya benci dia . . Tolong berikan saya solusi . .wassalam

Unknown said...

sya pernah membenci seseorang, karna fitnah yang dy sebarkantentang saya . namun setelah beberapa bulan sy mnyadari bahwa tindakanku salah. saya brniat untuk saling memaafkan satu sama lainnya. namun dia tidak mau. apa yang harus saya lakukan ?

Anonymous said...

gimana sih cara menghadapi orang yang dibenci? saya benci dengan seseorang dari setahun yang lalu eh sekarang malah sekelas saya benci bahkan saya selalu menjelekkan dia tapi dia orangnya kalo dibaikin malah ngelunjak, kalo itu gimana? tolong solusi yang terbaik^^

Unknown said...

asslamu alaikum, bagaimana cara saya menghadapi istri yang dalam hatinya sudah ada bibit benci kepada istri dari saudara saya, terima kasih

Unknown said...

Assalamualaikum. Saya punya seorang kekasih tapi setelah lama berpacaran saya mengetahui kalau dulu pernah ada permasalahan hingga kedua orang tua saya membenci sekaligus dendam keluarga kekasih saya. Sampai sampai keluarga saya bersumpah untuk selalu dendam, akan tetapi orang tua saya sholat. Saya selaku anak apakah harus turut membenci keluarga kekasih saya walau saya sndiri tidak tau permasalahan nya lebih lanjut? Bagaimana cara untuk menghilangkan rasa benci/dendam tsb? Wassalam.

Unknown said...

Assalammualaikum...

Saat ini, saya sendiri sedang mengalami penyakit ini. Berat, perih dan sesak. Ingin sekali dihilangkan, tapi jika teringat apa yg dia katakan dan bagaimana pandangan mata yang merendahkan saya, sakit ini sangat terasa..
Apalagi orang tersebut adalah yang paling saya sayang, adik kandung saya sendiri

Anonymous said...

Nama saya ibu endah dr jombang ,saya bener bener tersiksa sampai sekarang karna saya sangat membenci anak tiri saya,sudah berkali kali mencoba menyayanginya layak anak kandung sendiri tetap aja sangat sulit,dan ini sudah berlangsung sangat lama sekali,saya terkadang merasa sangat berdosa sekali.rasa kebencian ini timbul tercipta dari ayahnya sendiri,dulu aku amat menyayanginya melebihi anakku sendiri,dia juga amat lengket sama aku,tapi kebencian timbul gara gara setiap dia nangis atau nakal ayahnya pasti menyalahkan aku.dari situlah tumbuh ketidak sukaanku pada anak tiriku,karna sebagai ibu tiri aku merasa tak berhak memarahinya(bila dia berkelakuan nakal,takut di marahi suami).kini anak tiriku udah besar berumur 17 thn,dan hubungan kami betul betul buruk,dan suamiku terkadang tak mau tau dgn situasi ini,seakan akan tak ada apapun diantara kami,padahal aku sangat tak nyaman,terkadang merasa bersalah dan berdosa,apa yg harus aku lakukan....anak tiriku tergolong anak yg bandel dia laki laki,sejak sd udah merokok,aku sangat tak suka karna aku tak bisa mendidik dgn kehendakku.teman temanya suka memilih anak yg bandel,bahkan anak tiriku udah tak mau sekolah hanya smp saja,sampai sekarang aku betul betul benci dgn segala tingkah lakunya.

Unknown said...

Assalamu'alaikum bagaimana klw amarah itu sudah terlajur terlampiaskan, artinya kita sudah terlanjur marah2 dengan orang yg kita gak suka sikap nya itu. Bolehkan hanya minta ampunan ke Allah saja tapi tidak usah meminta maaf kepada orang nya, biarin aja berlalu sampai nanti bicara lagi.. Mohon nasehatnya. Terimakasih

Almalina said...

Assalamualaikum wr.wb ,,
Terima kasih telah membuat tulisan ini ya , berkat tulisan ini saya berhasil menjauhkan sifat dendam saya, walaupun kadang sering dtg tiba tiba tapi sy akan selalu ingat " ingat kebaikan org tersebut dan dendam hanya akan membuat hatimu kotor "

athena said...

mbak, I got similar experience and it is very hard to overcome. but one thing that I know, Allah always forgive His subordinate whenever he/she comes back to Him, then who am I who still hold grudge while Allah has already give His forgiveness. please be remembered that every single pain, sadness, hardship that come upon us is a ablution or eraser of our sins and faults.

we are the exalted people, as said by Allah through His Quran hence no need to be sad, La Tahzan.

Unknown said...

Saya izin mengutip tulisannya ustad, dan ini sangat bermanfaat apalagi di era pesatnya media sosial seperti saat ini dimana bibit2 kebencian dengan mudahnya tertanam..

alkautsar said...

Assalamu'alaikum semua saudara/i ku.., mhn maaf atas respon yang terlalu lama, saya juga harus mencari waktu utk membalas dengan pikiran tenang di sela2 kesibukan saya. Mhn maaf...

1. Mbak Nurhayati,
BEnci karna orang yang iri dengan kita, Mbaak.., biasakan husnodzhon, BERBAIKSANGKA LAH.., jgn kita vonis dia iri dengan kita, kalaupun memang kenyataannya seperti itu. Cukup Allah yang tahu isi hatinya sebenarnya. Bahayanya jika mbak berfikiran dia seperti itu, timbul rasa sombong di hati mbak. Kita sama2 tahu bahwa apa yang ada di langit dan di bumi milik Allah, kalau karunia atau rezki Allah amanahkan, syukuri dan jagalah, serta pergunakan utk hal yang bisa mendekatkan diri kita kepadaNya. Jadi olusinya BERBAIKSANGKA yaah, semoga bermanfaat, syukron.

2. Mas Jfree luck, benci kepada keluarga dan lingkungan, artinya menjaga hati. Ingatpoin2 yang saya sebutkan di dalam risalah saya, langkah demi langkah, benci itu identik dengan asbab kekerasan hati, hati keras bisa jadi krna sombong. hati2 mas, perbedaannya sangat sedikit tp bisa besar. Waspadai kiat syetan yang akan selalu menjauhkan kita dari jalan yang lurus,semoga bermanfaat :)

3. anonymous, object nya adalah mereka, artinya kumpulan yang lebih dominan, mungkin mbak lakukan langkah awal, koreksi diri, coba renungkan apa yang membuat mereka seperti itu, kedua, petahankan usaha utk tetap mempertahankan silaturrahmi ya mbaak..,jika mereka acuh, tetaplah berbuat baik.., doakan mereka supaya dituntun Allah dan dibukakan hatinya. semoga bermanfaat :)

4. Anonymous, silahkan inbox ke email saya yaah, syukron :)

alkautsar said...

5. HH, benci itu bukan takdir ya..., jangan berpasrah dalam kekakngan nafsu ammarah, berusaha utk berlapang dada.., syukuri apa yang kamu punyai sekarang, ingat , Allah tidak memangggil jiwa2 / nafsu ammarah melainkan jiwa yag tenang / muthmainnah ( Q.S Al-Fajr 27 ). Coba buka pintu hati utk dilalui cahaya hidayah dari Allah, lawan nafsu yang akan selalu berusaha menutupnya ya, ini hanyalah dunia. ambil pelajaran dari jiarah kubur. perhatikan tahun nisan mereka yang telah mendahului kita.bandingkan priode waktu mereka utk hidup dengan waktu mereka utk di alam baqa dan seterusnya sampai yaumil akhirah. dunia hanya sangat sebentar saja. Semoga bermanfaat :)

6. Mbak Leony Angga, bersabar ya mbaak.., tetap yakin, kasih Ibu sepanjang zaman. Terus berbuat baik kepada Ibu nya yaah.., jangan dengarkan atau bahkan korbankan hati mbak utknya..., mbak pernah dengar kisah sahabat yang dari yaman, yang menggendong ibunya, dan selalu jadi tunggangan ibunya kemana saja. hingga pada saat itu sahabat memperhatikannya, menanyakan kepada Rasulullah, apakah ia telah membalas budi ibu nya? berikut hadist nya
Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma melihat seorang menggendong ibunya untuk tawaf di Ka'bah dan ke mana saja 'Si Ibu' menginginkan
orang tersebut bertanya kepada, "Wahai Abdullah bin Umar, dengan perbuatanku ini apakah aku sudah membalas jasa ibuku.?"
Jawab Abdullah bin Umar Radhiallahu 'anhuma, "Belum, setetespun engkau belum dapat membalas kebaikan kedua orang tuamu" (Shahih Al Adabul Mufrad No.9), Berdoalah, bebuat baik dan selalu berusaha utk membuka hatinya kembali, semoga bermanfaat :)

7. Mbak Iki lubis.., dalam Islam ndak ada yang namanya pacaran ya mbaak.., "jangan sekali2 mendekatkan diri dengan ZINA" Al-quran. Cinta boleh.., tp jgn gunakan cinta itu utk jalan yang tidak baik. Tanamkan dalam diri, bahwa mbak nda ada alasan utk cemburui mereka.Baca dan hayati poin2 yang saya tuliskan di artikelnya ya mbaak.., semoga bermanfaat :)

alkautsar said...

8. Mbak anggie.., alhamdulillah...,
menurut saya itu bukanlah dosa, dengan menonaktifkan hp nya, mbak telah menutup jalan syetan utk menyambung debat perselisihan, apalagi akhirnya adalah kata maaf..,
dengan catatan, mbak memang benar2 membersihkan hati dari benci padanya. Mulailah lembaran baru. Jaga silaturrahmi nya ya mbaak, semoga bermanfaat :)

9. Mbak Siti , mhn maaf mbak, sangat rumit utk menjawab pertanyaan mbak nya ya, saya blm berumahtangga juga, heheh
tapi saran saya, berdoa dan tawakkal kepada Allah dengan sebelumnya mbak sudah berusaha melalukan yang terbaik. Berbicaralah dengan baik dan pada moment yang tepat dengan suaminya. Jangan memvonis.., krna itu akan menyebabkan masalah. tunjukkan mbak adalah yang terbaik utknya. layani dengan sebaik2nya.., hormati , tetap berprasangka baik ya mbak.., Walloohua'laam, Semoga bermanfaat :)

10. Anonymous ( mas Dhany ), istri yang membenci seseorang.
Paak. ada saatnya omongan kita tidak bisa meluluhkan hati istri kita sendiri. Tetap berusaha, beri nasihat dengan cara yang benar, seperti dalam quran " Ajaklah manusia ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat yang baik. Dan debatlah mereka dengan cara yang paling baik. Sungguh Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan orang-orang yang mendapat petunjuk” (An-Nahl: 125),
saran saya.., ajak ke majlis2 taqlim dulu Mas.., mungkin jika ustadz yang sampai kan terbuka jalan hidayah kepadanya, Semoga bermanfaat :)

untuk saudaraku2 ku yang lain.., mhn maaf, mungkin bisa saya balas lain waktu ya,
Salam Ukhuwah,
wassalam :)

Unknown said...

Assalamualaikum ms.
Artikelnya sangat menyentuh. Saya yg lg punya sifat dendam. Saya punya tunangan , sebut saja nama dy w. Si w punya mantan namanya nur. Saya masi dendam karena dulu saya pernah berantem sama si nur. Dan skrg dimulai lg pertengkaran itu. Entah knp, tiba2 saya pengen sms nanya ke nur knp dlu putus sama si w kok masi sms sayang ke tunangan ku yg skrg. Terang saja saya emosi, saya kmdian menghina si nur dan menyombongkan diri . Apa yg hrs saya lakukan agar saya tdk lg dendam sama si nur itu.

Vannah said...

Saya dibenci seseorang sampe saja tdk bsa lg brhubungan sma dia, saya minta maaf pun gk dimaafin. saya sudah tdk bsa berusaha apa pun lagi,, krna dia sdh tak mau lg knal sma saya,, apakah klo sya berdoa allah swt akan mengabulkan doa saya,, sedangkan saya gak ada usahanya,, kRna mmang usaha saya buat dekatin dia itu sma sekali tidak bsa dia sdh mmbenci saya dan gak mau sedikitpun brhungan dngn saya,, mohon cerahannya.

Anonymous said...

Saya pengen banget ngobatin penyakit hati saya.. nama saya imey, dulu saya sempat bekerja di bank sebelum bekerja sbg pengajar sperti skrg. Masalh yg udah lama banget, saya benci sama: (sebut aja) agung doso setruk. Dia pernah ngadu domba saya sama atasan dan bawahan saya, saya bilang A disampein AB, usil sm kegiatan saya, fitnah yg bukan hubgnya sampe diadukan ke atasan (padahal gk ssuai real), padahal dia ini lelaki punya anak perempuan juga, saya srlalu mengutuk mudah2an dia dpt balasan lewat binj/anaknya.. biar ngerasain gimana rasanya didzalimin..
Sakiittt banget saya diperlakuin begini, sampe saya didepak dari perusahaan saya sblmnya, diomongin smua orang, dicap jelek,,
Meski skrg sy sudah ditempat kerjaan baru, saya berusaha berdamai dengan sakit hati ini...berusaha istighfar.. tapi ttp lama2 rasa perihnya muncul, kalo inget gmn saya diperlakukan dulu

Unknown said...

Bagaimana jika kita sudah memaafkannya tetapi saya sgt mmbncinya?

Unknown said...

Bagaimana jika kita sudah memaafkannya tetapi saya sgt mmbncinya?

Unknown said...

Assalamualaikum pak ustadz..
Saya saiful,saya ingin bertanya nih pak,
Saya punya teman yg
selalu mudah tersinggung dgn apa yg saya lakukan,,padahal apa yg saya lakukan itu tidak ada perna menyangkut masalah dirinya,,seperti saya memposting kata2 tentang sholat,yh mungkin karna saya juga baruh2 bertobat makanya dia selalu ada rasa jengkel dgn saya,,tapi saya tidak perna mengmbil hati,,karna saya tau,,di baik mrhnya dia itu ada yg terselip penyesalan,,
Mohon penjelasan ya pak ustadz

alkautsar said...

Wa'alaikummussalm Mas Saiful...

ingat laah, jika taubat itu diidhoi Allah dan sangat dibenci oleh syetan. Syetan telah bersumpah akan selalu mengajak manusia ke jalan murka Allah,
“Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlas di antara mereka (QS Shaad: 82-83)

Alhamdulillah, taubat telah dijalankan,
apakah cukup hanya dengan mengatakan taubat saja? Allah pasti akan memberikan ujian , mungkin dalam hal ini, teman mas yg akan menjadi ujian dari taubat mas sendiri,

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. ( QS. Al-Ankabuut ayat 2-3 )

jadi ,saran saya, tetaplah di jalan Allah,
tetap tawakkal, bersaabar daan berbaik sangka.
dan juga, apabila mas bisa, coba dekaati temannya utk meminta ia mengkoreksi mas, siapatahu ad sesuatu yg mas gak tahu tntng keburukan diri sendiri. Kita manusia tidak sempurna mas, jika ia bersedia memberikan saran yang baik, alhamdulillah, terimalah, krna walaupun kita tak bisa sempurna, setidaaknya kita selalu berusaaha utk mendekati kesempurnaan itu.

Waloohu a'lam,
Semoga bermanfaat
wassalam :)

alkautsar said...

Unknown, tentang tunanngan dan Nur..

masalahnya mungkin tidak bisa saya jangkau sepenuhnya ya mba..,
tp setidaaknya ada ,masukan dari saya,

dari masaalah yg mba ceritakan, saya ingin bertanya,
apakah mba percaya dengan tunangan mba?
klau mba yakin, maka bersabarlah dgn kelakuan mantan tunangan mba.
boleh2 saja dia sms "sayang " kepada tunangan mba, krna dia masih tahu no. hp mantan pacarnya kaan? mungkin dia blm ikhlas utk merelakannya bertunangan dgn mba.
tp apakah tunangan mba merespoon dgn kata yg saama? kalau ia, bicara baik kepada tunangannya, ingatkan kalau mba dgnnya sudah dalam ikatan ta'aruf.
jika respon tungannya gak sejalan dgn sms dr mantannya, doakan mantannya agar diberi petunjuk oleh Allah, dan memberi kbaikan pada hubungan mba dgn tunangan mba.

Wallooohu a'lam
semoga bermanfaat :)

alkautsar said...

Buddy Savanah,
tentang doa, mungkin ayat ini bisaa jadi inspirasi

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ( QS. Al-Baqoroh 2 : 168 )
jangan pernah berfikir jika Allah gak akan mengabulkan doa hambanNya, Allah Maha Mengetahui yang terbaik utk hmbaNya.

Mba sudah berusaha, utk usaha selanjutnya usahakan jangan sampai putus silaturrahmi..
jika berpapasan ucapkan salam kepadanya,
Kita tidk bisa memaksakan hati sesama kita, perkara hatinya , biarkan Allah yang memberi petunjuk kepadanya.
koreksi diri, mungkin ada hal yng janggal yang membuatnya tidak mau dekat dengan mba / mas.
berusaha, berdoa dan tawakkal,
Sesungguhnya Allah lebih mengetahui sesuatu daripada makhlukNya,

allooohu a'lam,
semoga bermanfaat :)
wassalam

alkautsar said...

Mba Imey....

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula ( QS. Az-Zalzalah ayat 6-7 )
sesungguhnya fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Perbanyak sabar mba, Allah sangat mendengar doa orang2 yang yang teraniaya. Berdoalah utk dia berubah.
atau setidaaknya doakanlah Allah memberikannya sesuatu yang bisa membuatnya sadar daan meninggalkan perbuatan tercelahnya. Sesuatu dalam hal ini bisa baik dan buruk, biarkan Allah yang menentukannya, Allah Maha Tahu yang mana yang lebih baik utk membuatnya baik.

jangan menyumpah, ketuunannya ndak ada salah dengan mba, apakah mba akan senang jika melihat keturunannya yang gak bersalah mendapat kaffarah dari sumpah mba? apakah dengan itu mba akan puas? ajawabannya TIDAK, yang puas adalah nafsu mba, nafsu ammaraah yang menjadi tunggangan Iblis. ingatlah, kita skrg di dunia,
lakukan metode di artikel ini utk mengobati hati,jika tidak jua sembuh,ingatlah ini adalah dunia, yang hanya akan kita huni puluhan tahun lamanya ( usia rata2 ummat sekarang ),

apakah mba harus menyiksa hati mba di dunia yang sementara ini dgn menympan rasa benci dan dendam kepadanya?
Bukankah Allah sudah memberi jalan kepada mba utk terhindar dari fitnahnya lagi dgn memberi petunjuk kepadaa mba utk daapat pekerjaan baru yang dia tidak ada disana lagi?

ambil hikmah dari semua itu mba,
Allah Maha Penyayang lagi Maha Mengetahui..

Walloohu a'laam,
semoga bermanfaat,
wassalam :)

alkautsar said...

Kapten Najihah...
mohon maaf Kapten, jika saaya ingin kembali bertaanya..,

bagaimana mba bisa bilang mba sudah memaafkannya jika mba masih sangat membencinya?

maaf itu fitrah mas / mba kapten, sebenar2 maaf adalah kembali kepadaa fitrah,
kalau di pom bensin kembali ke 0 ( NOL )
mungkin bisa dibaca kembali artikel dan komentar2 saudara/i kita disini.., semoga bisa menjadi inspirasi.
Ingat.., benci itu hanya akan merugikan kita, kecuali kita membenci hal2 yang dimurka Allah..,

Walloohu a'lam
semoga bermanfaat..
wasssalam :)

Unknown said...

Assalamualaikum, terima kasih atas masukannya...
Alhamdulillah beban d hati mulai brkurang

Unknown said...

Assalamualaikum, terima kasih atas masukannya...
Alhamdulillah beban d hati mulai brkurang

Duri mawar said...

Assalamualaikum, saya ingin bertanya saya perna melakukan kesalahan (tidak jujur) tapi saya sudah berencana untuk menceritakan nya, tapi belum sampai saya cerita orang tersebut sudah tau dan marah dia memaki maki saya, dan saya hanya diam karna disitu banyak orang.pada suatu hari saya meminta maaf pada nya saya ingin berdamai sekalipun tidak harus kembali dengan nya tapi dia tidak merespon dan mala dia bikin status dimedia sosial menjelek jelekan saya, apa yang harus saya lakukan?

Duri mawar said...
This comment has been removed by the author.
Duri mawar said...

Assalamualaikum, saya ingin bertanya saya mempunyai seorang tunangan,awal nya memang saya yang salah (tidak jujur) tapi saya berencana untuk menceritakan nya diwaktu yang tepat karna posisi kita berjauhan tapi belum sempat saya bercerita dia sudah tau semua nya dan memaki maki saya pada saat dia memaki maki saya dan menghakimi saya hanya diam saja karna banyak orang disana,pada suatu hari saya sms dia ingin minta maaf dan berdamai sekalipun tidak untuk kembali tapi dia tidak merespon mala update status dimedia sosial dan menjelek jelekan saya, apa yang harus saya lakukan? Terimakasi

Duri mawar said...

Assalamualaikum, saya ingin bertanya saya mempunyai seorang tunangan,awal nya memang saya yang salah (tidak jujur) tapi saya berencana untuk menceritakan nya diwaktu yang tepat karna posisi kita berjauhan tapi belum sempat saya bercerita dia sudah tau semua nya dan memaki maki saya pada saat dia memaki maki saya dan menghakimi saya hanya diam saja karna banyak orang disana,pada suatu hari saya sms dia ingin minta maaf dan berdamai sekalipun tidak untuk kembali tapi dia tidak merespon mala update status dimedia sosial dan menjelek jelekan saya, apa yang harus saya lakukan? Terimakasi

Anonymous said...

Assalamu Alaikum mas,nama saya putri. mas saya membenci pasangan saya yang berselingkuh. Dia lebih memilih selingkuhannya dan meninggalkan saya. Saya selalu dikusai rasa dendam ingin melihat dia menyesal dan merana karena tidak memilih saya namun kenyataannya dia tidak menyesal maupun merana. Saya harus bagaimana? Saya sampai stress krn menginginkan dia menyesali perbuatannya pdhl saya selalu berusaha untuk tidak mempedulikan kehidupannya lagi namun sulit

Anonymous said...

Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit hati terhadap perkataan orang tua?
Memang pada dasarnya apapun yang dilakukan orang tua tidak boleh dibantah.. Meski menyakitkan harus bersabar.. Tapi banyak pada prakteknya itu semua tidak mudah..

Unknown said...

Assalamualaikum. Nama saya nurul.
Saya usia 19th. Saya punya pacar yg baru berjalan 7bulan. Pacar saya baru saja ketawan masih berkomunikasi mesra dengan mantannya. Saya marah besar. Saya sebel. Saya minta jauhin Tapi susah buat dia. Tapi disini saya merasa aneh, seharusnya saya bisa meninggalkan dia. Seharusnya saya mudah, Tapi saya malah terus mempertahankan dia. Sangat mencintai dia. Dan saya Sangat membenci mantan dia Itu. Pertanyaan saya, saya butuh cara penenang hati. Saya takut allah murka dengan saya yg terlalu menggebu" urusan duniawi saya. Bagaimana saya bisa biasa aja sama pacar saya. Apakah saya di guna" ?

Unknown said...

Assalamualaikum. Nama saya nurul.
Saya usia 19th. Saya punya pacar yg baru berjalan 7bulan. Pacar saya baru saja ketawan masih berkomunikasi mesra dengan mantannya. Saya marah besar. Saya sebel. Saya minta jauhin Tapi susah buat dia. Tapi disini saya merasa aneh, seharusnya saya bisa meninggalkan dia. Seharusnya saya mudah, Tapi saya malah terus mempertahankan dia. Sangat mencintai dia. Dan saya Sangat membenci mantan dia Itu. Pertanyaan saya, saya butuh cara penenang hati. Saya takut allah murka dengan saya yg terlalu menggebu" urusan duniawi saya. Bagaimana saya bisa biasa aja sama pacar saya. Apakah saya di guna" ?

Anonymous said...

Assalamualaikum..
saya ingin meminta pendapat
Saya memiliki seorang sahabat, sebelumnya dia tampak baik2 saja
Tapi dia pernah berkata bahwa sikap saya sering menyakiti hatinya, ketika saya bertanya sikap yg seperti apa dia tidak menjawab, kemudian saya meminta maaf, meskipun belum tau letak kesalahan saya secara tepat
Dia kembali terlihat biasa saja
Tp setelah beberapa lama kejadian itu terulang lagi, dia bilang perkataan dan sikap saya banyak menyakiti orang, banyak orang yg tersakiti karena saya, selama ini dia tidak pernah mengkoreksi saya, tapi ketika dia mengungkapkan semua itu, kesalahan saya seakan telah diakumulasi
Ketika saya bertanya, dia hanya menyuruh saya intropeksi tanpa memberi petunjuk mengenai kesalahan saya
Saya kembali meminta maaf
Tapi dia belum bersedia memaafkan dan dia bilang bosan dengan permintaan maaf saya
Saya mencoba bertanya kepada beberapa orang lain memgenai sikap saya sebagai bahan intropeksi, mereka bilang insyaallah tidak pernah sakit hati dengan sikap maupun perkataan saya
Saya memgerti, mungkin jika memang kesalahan saya pd sahabat saya itu sangat banyak akan sulit dimaafkan, sampai sekarang saya tidak tau seberapa banyak kesalahan saya yg dia simpan
Jujur, saya juga punya hati yg bisa sakit ketika dia terus menyalahkan saya seperti itu
Tapi insyaallah saya berusaha ikhlas dan mengingat kebaikannya
Kami sudah tidak berkomunikasi lebih dari seminggu, saya berusaha tetap bersikap baik, tapi dia mengabaikan saya, dan kami sama2 muslim
Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Farrass said...

Makasih mas... insyaallah saya akan usahakan menghilangkan sifat hasad saya.. doakan semoga berhasil...

annonim said...

Assalamualaikum...
Saya mempunyai seorang ipar yg kebetulan tinggal satu rumah dengan keluarga saya.yang dimana sejak dari awal kedatangannya tak pernah membuat saya merasa nyaman dan senang,yg mna semakin lama yg sya rasakan menjadi benci terhadapnya,.yg mana juga istri dari kakak sya ini sallu berlaku tidak sopan dan angkuh sekali.karena sejak awal dia perpacran dengan kakak saya dia yg selalu mendatangi rumah sya tanpa ada salam kepada ibu atau orang orang yg berda d rumah sya,yg membuat sya mkin tidak suka adalh setiap dia dtg ke rumah sya dulu..dia selalu berda di kamar dengan kakak sya wlpun belum ada ikatan pernikahan,dan setiap kakak sya d tegur oleh ibu saya,dia selalu berkata"kita gk lgi ngpapa ngapain" dan itu berlangsung ckup lama..hingga akhirnya kakak sya menikahi si gadis..setelah ckup lama menikah tingkah laku ipar sya ini tidak juga menunjukan sopan santum terhadp ibu saya..hingga suatu saat dia dengan berani membentak ibu sya dan mengatainya dengan kata kata yg kurang sopan..sontak ibu sya naik pitam..dan hampir memukul dia namun d tahan oleh saudara sya yg lain,krena saat itu kakak sya yg menjadi suami dari ipar sya ini sedng bekerja.namun yg saya heran setelah kakak sya yg mana suami ipar saya ini pulang bekerja ,dia malah membela istrinya..dengan mengatai ibu sya sering berlaku tidak sopan dengan anak kakak sya yg mana adlah cucu dari ibu sya.danm meminta ibu saya untuk bersumpah di depn al quran..padhal saat kejadian itu banyak yg menyaksikan kalau ipar saya ini benar benar membentak dan mengatai ibu saya.,walaupun begitu tiada niatan meminta maaf dari ipar sya ini..malah dia dengan bangganya setiap hari berlenggak lenggok di depan ibu...
Dri certa tersebut saya ingin meminta pendapat bagaiman harus bersikap.

pembaca said...

ass..nm sy indira dr bandung.saya lagi bingung,awalnya sy menikah dg suami kluarga sy dg kluarga suami baik2 saja,tp pas udh nikah,ayah mertua saya sering pinjam uang berjuta2 tapi ga pernah mau bayar,beliau seperti ga memikirkan kalo kami jg dlm keadaan butuh uang,trus kami punya mobil,dijual sm beliau sampe kami ga dapat apa2,mertua punya hutang bank kami yang bayarin tiap bulan sampe 3 juta,mkanya gaji suami habis d pake keperluan mertua trus.satu lagi sy kan belum kerja,sy llusan kuliah,pas saya butuh pekerjaan ayah mertua bilang ada kesempatan utk jadi pegawai non pns,tp dg syarat harus bayar uang 7juta,nanti taunya keterima.sy sm suami nyari uang kmana2,ngutang sm bapak saya,ngutang jg sama tante,yg ptg uang itu sudah ada sjumlah yg diminta olh bapa mertua.nah ternyata hasilnya saya ga dpt kerjaan,eh malah ternyata uang sy yg 7juta itu d pake sama bp mertua gatau untuk apa,yg pasti bp mertua udah bener2 nipu saya mentah2.hati saya bnr2 terluka dg hal ini,pas saya tanyakan eh malah ga mau ngaku,malah ibu mertua ngiranya sy yg bohong,padahal udh jelas kalo sebenarnya uang itu dipake sm bp mertua.nah hbs kejadian ini hubungan sy dg mertua jd kacau,apalagi yg saya heran udh mertua yg salah eh mlh skr ga pernah mau nyapa saya.d sapa juga gamau jawab,menurut anda sy harus bagaimana sekarang?sdengkan suami kadang sllalu berpihak ke orangtua

pembaca said...

ass..nm sy indira dr bandung.saya lagi bingung,awalnya sy menikah dg suami kluarga sy dg kluarga suami baik2 saja,tp pas udh nikah,ayah mertua saya sering pinjam uang berjuta2 tapi ga pernah mau bayar,beliau seperti ga memikirkan kalo kami jg dlm keadaan butuh uang,trus kami punya mobil,dijual sm beliau sampe kami ga dapat apa2,mertua punya hutang bank kami yang bayarin tiap bulan sampe 3 juta,mkanya gaji suami habis d pake keperluan mertua trus.satu lagi sy kan belum kerja,sy llusan kuliah,pas saya butuh pekerjaan ayah mertua bilang ada kesempatan utk jadi pegawai non pns,tp dg syarat harus bayar uang 7juta,nanti taunya keterima.sy sm suami nyari uang kmana2,ngutang sm bapak saya,ngutang jg sama tante,yg ptg uang itu sudah ada sjumlah yg diminta olh bapa mertua.nah ternyata hasilnya saya ga dpt kerjaan,eh malah ternyata uang sy yg 7juta itu d pake sama bp mertua gatau untuk apa,yg pasti bp mertua udah bener2 nipu saya mentah2.hati saya bnr2 terluka dg hal ini,pas saya tanyakan eh malah ga mau ngaku,malah ibu mertua ngiranya sy yg bohong,padahal udh jelas kalo sebenarnya uang itu dipake sm bp mertua.nah hbs kejadian ini hubungan sy dg mertua jd kacau,apalagi yg saya heran udh mertua yg salah eh mlh skr ga pernah mau nyapa saya.d sapa juga gamau jawab,menurut anda sy harus bagaimana sekarang?sdengkan suami kadang sllalu berpihak ke orangtua

pembaca said...

ass..nm sy indira dr bandung.saya lagi bingung,awalnya sy menikah dg suami kluarga sy dg kluarga suami baik2 saja,tp pas udh nikah,ayah mertua saya sering pinjam uang berjuta2 tapi ga pernah mau bayar,beliau seperti ga memikirkan kalo kami jg dlm keadaan butuh uang,trus kami punya mobil,dijual sm beliau sampe kami ga dapat apa2,mertua punya hutang bank kami yang bayarin tiap bulan sampe 3 juta,mkanya gaji suami habis d pake keperluan mertua trus.satu lagi sy kan belum kerja,sy llusan kuliah,pas saya butuh pekerjaan ayah mertua bilang ada kesempatan utk jadi pegawai non pns,tp dg syarat harus bayar uang 7juta,nanti taunya keterima.sy sm suami nyari uang kmana2,ngutang sm bapak saya,ngutang jg sama tante,yg ptg uang itu sudah ada sjumlah yg diminta olh bapa mertua.nah ternyata hasilnya saya ga dpt kerjaan,eh malah ternyata uang sy yg 7juta itu d pake sama bp mertua gatau untuk apa,yg pasti bp mertua udah bener2 nipu saya mentah2.hati saya bnr2 terluka dg hal ini,pas saya tanyakan eh malah ga mau ngaku,malah ibu mertua ngiranya sy yg bohong,padahal udh jelas kalo sebenarnya uang itu dipake sm bp mertua.nah hbs kejadian ini hubungan sy dg mertua jd kacau,apalagi yg saya heran udh mertua yg salah eh mlh skr ga pernah mau nyapa saya.d sapa juga gamau jawab,menurut anda sy harus bagaimana sekarang?sdengkan suami kadang sllalu berpihak ke orangtua

Unknown said...

Masyaallah, izin share artikel nya akhi :)

Khariin said...

Assalamualaikum...
Nama saya khariin, saya pernah menyayangi seseorang tapi orang itu mengkhianati saya dan berselingkuh dengan sahabat saya sendiri...Dan rasa sakit itu sampai saat ini tidak bisa saya lupakan..saya sudah sangat muak dengan rasa sakit ini saya ingin hidup seperti manusia normal...hidup dengan damai...sudah saya coba untuk melupakan tapi masalah itu tetap memghantui saya...membuat hidup saya tidak tenang membuat hidup saya menderita dengan rasa benci..������
Mohon nasehat bimbingannya...

Unknown said...

Saya pon penah alami perasaan nie... skrg saya bergaodh ngan rakan saya yg non muslim.. sakit hati saya tiap2 kali tgk muka dia... saya berdoa agar kurangkanlah rase dendam nie tapi still x pergi2

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang..
Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu..
Maafkanlah dan berbuat baik..

Indah sekali :)

By: Hijab Syar'i Online

Anonymous said...

Saya punya rekan kerja yg dengki sama saya. Saya tidak tahu mengapa dia begitu dengki sama saya.

Dia selalu menzolimi saya dan saya ga pernah membalas tp tetap saja dia dengki sama saya.

Terakhir dia mengadu menghasud dan menjelek2an saya di grup chat teman2 kantor. Saya tidak membalasnya juga.

Saya bingung mau apa2 selalu salah dan di bully oleh dia. Sekalinya mendapat kesenangan di hancurkan dg ucapannya yg menusuk hati.

Apa yg harus saya lakukan ?
Meminta maaf ? Sudah 2x saya katakan maafkan saya jika tanpa sadar saya pernah menyakiti kamu. Tp dia selalu hanya diam tanpa kata2 dan tetap berburuk sangka dan dengki kepada saya.

Mohon do'a nya yg terbaik bagi saya dalam menghadapi dia. Saya benar2 ga faham harus bagaimana menghadapinya. Jika di balas kasar sudah pasti akan semakin kacau. Di diamkan saja kedengkiannya sepertinya semakin besar

Yuliana said...

Assalamualaikum..
Saya tidak benci dan saya juga tidak ada niat membalas dendam..bahkan di hati saya sudah memaafkannya..tanpa alasan yang jelas dia marah bahkan menjauh..saya tanya kenapa justru dia bersikap acuh..
Saya harus bagaimana

Yuliana said...

Assalamualaikum..
Saya tidak benci dan saya juga tidak ada niat membalas dendam..bahkan di hati saya sudah memaafkannya..tanpa alasan yang jelas dia marah bahkan menjauh..saya tanya kenapa justru dia bersikap acuh..
Saya harus bagaimana

B.angga said...

Assalammualikum
Bagaimaan jika kita sakit hati dan dendam dengan istri kita karena sifat dia yg membuat kita sakit hati..

Priliyanti rosita said...

Assalamualaikum.artikelnya sungguh bermanfaat.sebelumnya sya juga punya pengalaman yang tidak jauh dari artikel ini.dulu setelah saya lulus kuliah S1 alhamdulillah sya mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan travel umroh & haji di tahun 2014.lalu setelah itu datanglah kakak ayah sya yg menawarkan pekerjaan anggap aja di sektor pemerintahan pada waktu itu.dia berusaha meyakinkan sya beserta keluarga sya untuk mau ambil tawaran tsb.namun tawaran tsb tidak gratis melainkan diharuskan membayar uang yg tdk sedikit.alhasil kami pun terbujuk rayauannya & sya merelakan pekerjaan sya yg di travel itu utk ikut seleksi di pemerintahan dengan jaminan sya akan bisa bekerja di pemerintahan tsb.namun setelah beberapa bulan lamanya hingga hampir dua tahun belum ada kepastian dari kakak ayah sya.hingga sampai saat ini sya masih belum memiliki pekerjaan dan permasalahan ini seakan dibiarkan begitu saja tanpa ada rasa pertanggung jawaban dr pihak beliau.dr hal inilah timbul perasaan benci hingga dendam dalam diri saya setiap sya teringat akan kejadian ini.hingga saat ini sya tidak berhubungan lagi dengan keluarga beliau.sya takut jika sya bertemu rasa benci & dendam ini akan muncul kembali.sya berusaha menguatkan diri sya sendiri dgn memohon petunjuk kepada Allah.alhamdulillah perasaan benci & dendam ini sedikit berkurang

Unknown said...

mkasij izin save

Unknown said...

mkasij izin save

Anonymous said...

Assalamulaikum
saya mau minta solusi, bagaimana cara menghilangkan rasa benci terhadap seseorang
calon istri saya selingkuh sama cwo lain, sampai bercumbu
tetapi dia sadar dan langsung meminta maaf ke saya walau sebenarnya dia bisa ga cerita ke saya supaya saya tidak tau.
nah calon istri saya itu masih sayang bgt sama cwo itu, sampai mau hari H pernikahan.
saya sangat benci bgt sama itu cwo, udah tau udah punya pasangan, tapi masih tetep aja dideketin
sampai sekarang penyakit hati benci itu menyiksa saya, menguras energi, pikiran jiwa raga
mohon pencerahannya ya Pak, Bu, terima kasih

photo said...

zoelman
Assalamu alaikum ustad..
bagaimana sikap saya sebagai suami, yang satu rumah dengan istri yang benci dgn keluarga saya, lalu saya kena imbasnya. skarang dirumah beliau bawaannya marah dan selalu mencari kesalahan pada diri saya

Anonymous said...

Assalamualaikum ustad..

Saya mempunyai kekurangan, masalahnya apabila saya bergaduh dengan seseorang, saya tak benci atau dendam orang tu. Cuma masalahnya saya susah hendak akrab dengan orang tu selepas apa yang terjadi. Saya boleh bersapah dengan orang tu cuma saya tak boleh hendak akrab. Saya ingin tahu apa masalah saya sebenarnya.. terima kasih

Anonymous said...

Aas ustad.. Saya wanita single berusia 23 tahun,saya belum bekerja setelah memutuskan untuk resign dari tempat kerja sebelumnya. Hingga memungkinkan saya terus berada di rumah.
Dan otomatis saya tau aktivitas orang di rumah seperti apa dan bagaimana.

Saya mempunyai 2 adik laki-laki yg satu 15 thn, dan yg satu berusia 7 thn.

Singkat saja.
Saya dengan adik saya yang nomor 1 tidak akur.
Saya rasa ada penyakit hati yg susah di sembuhkan.
Sering saya mengutarakan rasa ingin memperbaiki hubungan ini pada diri saya sendiri.

Namun setiap kali saya ingin melakukannya, adik saya selalu berbanding terbalik.

Nada bicara dia yang tinggi, ucapan dia yang kasar pada saya. Selalu berhasil membuat saya naik darah.

Kadang saya melakukan kekerasan fisik pada dia, karena saking saya marah dan tak bisa berkata apa-apa lagi pada dia.

Saya juga sering merasa cemburu pada dia apabila dia bersama dengan adik saya yg paling kecil.
Karna saya pikir buat apa dia begitu baik pada adik saya yg ke 2. Padahal ketika orang tua saya tidak ada adik saya yg kecil itu selalu di suruh-suruh,bila tidak mau pasti di kasarin.
Berbeda bila ada orang tua saya, sikapnya diam dan seolah-olah perlakuannya baik baik saja.
**(orang tua saya petani, berangkat pagi dan selalu pulang bada Dzuhur)


Saya sudah melakukan cara untuk agar dia lebih bisa sedikitnya berperilaku baik pada saya dengan cara, saya tidak terlalu rewel.

Namun lagi-lagi saya pikir itu salah. Malah dia menjadi seenaknya di rumah.

Orang tua saya juga sering melerai kami.
Tapi perlakuan adik saya sangat berbeda bila di depan orang tua.

Saya pun berusaha menjadi Kaka yang baik untuk adik saya yg berusia 7 thn,

Saya juga sering merasa kalo saya juga sangat berpengaruh dalam pertengkaran ini, dari saya kecil saya sering merasa cemburu pada adik saya yg pertama.

Tapi seiring berjalannya waktu ,perasaan itu mulai agak pudar, dan kecemburuan itu tidak pernah muncul.

Saya dan orang tua saya pun sering menasehati adik saya agar tidak terlalu terbawa Dengan pergaulan (adik saya baru masuk SMA)

Saya pikir apa sebaiknya saya diam saja dalam setiap perlakuan saya mengahadapi adik saya?

Menurut pak ustadz,
Sikap yang seperti apakah yang harus saya terapkan pada diri saya.
Apa selalu diam (masa bodo) di bolehkah dalam Islam?
Lalu bagaimana baiknya bersikap pada adik saya itu?

Dalam Al-Quran apakah ada surat yang bisa saya ngaji kan dalam situasi ini..

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak ustadz..
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Dio said...

Sudah 2 minggu ini saya berselisih dengan ibu saya.kami masih tinggal serumah,hal ini sering kali terjadi karena ibu saya sangat tidak bisa menata rumah. Tiap kali habis saya rapikan ibu saya selalu saja berantakin lagi. Rasa kesal itu sudah saya pendam sejak lama. Namun kesabaran manusia ada batasnya. Hingga akirnya sekarang saya merasa sangat benci dengan ibu saya. Namun disisi lain sebenarnya saya sangat sayang dengan beliau. Sifat dan kelakuan nyalah yang tidak saya sukai.bagaimana cara mengatasi penyakit hati ini. Mohon masukan nya ?. Terimakasih...

Anonymous said...

Ustadz, bagaimana hukumnya jika saya memaafkan muslim lain yang berbuat kesalahan yang teramat sangat besar terhadap saya, tetapi sebelum saya memaafkan dia, saya lampiaskan dulu kekesalan saya dengan cara memukulinya sampai babak belur. Mohon jawabannya segera ustadz...

Unknown said...

saya suka artikel ini...

Unknown said...

assalamu alaikum wr wb . saya selalu ingin bercerai dari suami karna selalu teringat semua pelecehan hinaan dan kesombonganya . kami cerai rujuk sudah sering tapi rasa benci dan dendam ku tak pernah hilang . saya ingin bercerai tapi tak mampu meng khuluk nya karna suami mau bercerai jika dengan cara mengembalikan uang yang telah saya pakai ? mohon bantyuan nya . wassalam

Anonymous said...

Assalamualaikum
saya sangat tersentuh dengan postingan "menghilangkan benci & dendam dengan petunjuk Quran & hadist". subhanallah postingan anda benar-benar membuka hati saya. selama ini saya selalui diselimuti dengan amarah dan benci dengan apa yang tidak searah dengan tujuan saya. saya baru menyadari kalau hal tersebut yang membuat saya tidak pernah merasa nyaman. saya sangat tersiksa dengan sikap dan keegoisan saya. hal tersebut dikarenakan saya merasa sudah dizolimi selama ini dimana banyak orang-orang disekitar saya memanfaatkan kebaikkan yang saya berikan dan mencoba menusuk saya dari belakang dengan mengeluarkan rumor2 yang tidak baik ttg saya.saya marah dan benci..tapi sikap marah dan benci yang saya tunjuki denga sikap diam. saya diam dan tidak mengutarakan kata-kata sedikit pun. terkadang saya merasa bersalah pada orang-orang disekeliling saya, karena mereka yang tidak ada kaitannya dgn org yang saya marah dan benci tetap saya diamin tanpa berujar sedikit kata.saya tidak marah pada mereka tp saya marah pada diri saya kenapa saya seperti ini.saya bingung. bisakah anda membantu saya bagaimana rasanya saya bisa meninggalkan sikap dan tingkah laku saya yang buruk ini.

Anonymous said...

ijin mengutip tulisanya gan, mudah mudahan barokah

Anonymous said...

Ingin berbaik hati dan berteman lagi dengan orang yg saya benci, tapi saya tau, dia pasti memanfaatkan saya lagi, krn pernah di coba, dia begitu lagi...dan setiap liat dia jadi benci, dan dia bingung saya jutek, krn dia bilang ke orang2 bahwa dia gak salah apa2, ...padahal..mulai dari memanfaatkan, hutang , minta duit, nebeng makan, iri hati, comment yg gak perlu..ngatur hidup orang, sombong..

Anonymous said...

Assalamualaikum,
Saya naya. Saya menemukan artikel ini saat saya mencari cara menghilangkan perasaan dendam. Saya sadar bahwa saya ini orangnya mudah menyimpan dendam. Perkataan apapun yg menyakiti hati saya akan otomatis saya ingat dan apabila bertemu dengan yg menyakiti hati saya itu, akan muncul dan teringat perkataan2 menyakitkan itu.
Yg jadi masalah sekarang adalah perkataan itu muncul dari teman non muslim saya. Saya harus bagaimana menyikapinya? Baru kali ini saya merasakan yg demikian. Sebelumnya, meskipun hal ini terjadi tetapi dilakukan oleh teman yg sekepercayaan, sehingga masih bisa saya tahan perasaan dendam dan benci itu.
Saya sekarang berdomisili pada suatu daerah dimana saya menjadi minoritas. Sehingga teman2 yg seagama hanya beberapa saja. Tetapi apabila saya hanya berteman dengan teman seagama saja maka saya takut menjadi pilih2 dalam berteman. Saya takut menjadi sara dsb.
Mohon untuk diberi masukan.
Terimakasih.
Wassalam.

Admin 7download said...

saya suku mempotivasi diri saya sendiri,,dan orang lain,,dan akhir nya saya menemukan problem penyakit hati,,saya benci walau saya sudah mencari motivasi tapi gag mempan saya benar benar butuh pertolongan,,,

Jr.Syofiyan said...

Assalamualaikum,,,
1. pa ust saya pngn tanya
saya salah terus meminta maaf ke pada orang dengan bahasa lemah lembut tetapi di blz atau dijawab dengan bahasa tidak lembut
2. apa sih hukumnya egois yg ta disadari?

Anonymous said...

assalamualaikim wr.wb
saya mau share cerita tntg tmn saya. jadi wkt itu saya sempet nabung uang sm dia untuk rencana kita jalan2. tapi ditengah jalan terjadi konflik yg menyebabkan kami batal jalan2 dan akhirnya kita berantem smp skrg. alasannya knp kita berantem karena kakak saya tdk membolehkan saya main lg sm dia karena kaka saya tdk suka sm dia yg mnrt kaka saya tdk tau diri. lalu karena jalan2 nya batal, saya akhirnya minta uang tabungan saya dikembalikan dong tp dia baru kembalikan 50rb. katanya sisanya akan dikembalikan nanti tp saya udah nunggu lama smp skrg (2017) dia blm kembalikan jg pdhl dia janji bln januari kmrn akan dikembalikan. saya marah dan benci sm dia karena merasa hak saya di ambil. terlebih dia dulu wkt SMA jg pny catatan hitam yg kata tmn2 sekelas dia prnh ambil uang kelas. saya takut tidak akan dikembalikan uangnya karena sisa uang tabungan itu lumayan untuk kebutuhan sklh saya. saya harus gmn menyikapi dia? gmn cara hilangin rasa benci dan marah ini? jujur saya sangat tdk nyaman memiliki rasa benci ini. terima kasih atas tanggapannya. wassalamualaikum

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb , saya juga pernah merasakan apa yang dirasakan oleh salah satu TS ddi komentar artikel ini , yaitu membenci orang terdekat orang yang satu rumah dengan kita, saya sering mencoba untuk melupakan dan memaafkan tapi ada ssaja hal yang selalu membuat saya menyimpan kebencian dan kemarahan lagi kepadanya terutama fitnah-fitnahnya ... saya bingung dan saya takut saya sudah tidak bisa mengontrol perasaan sy lagi :(

Unknown said...

Assalamualaikum, terima kasih atas ilmunya saudaraku... Alhamdulillah saya sadar dari apa yg saudaraku sampaikan...

Mohammad Reyhan said...

Saya Ingin memberikan sedikit masalah HIdup saya Di artikel ini.
Saya Mempunyai teman Yang Menurut saya Dia Sok Cantik. Saya yakin Bahwa Dia berfikir Saya Sangat menyukai Dia. Padahal Tidak.
Terkadang Saya sering Dipanas panaskan Oleh dia. Contohnya dia sering bermain Sama cowok di depan ku.
Tetapi dia Juga pernah Baik sama kita. Apa yang harus saya lakukan Jika seperti ini!

Cik Serigala said...

Terima kasih. Ianya sangat membantu saya.

Anonymous said...

Boleh mnta kontaknya? Saya mau mnta saran dari penulis

dewi said...

Assalamualaikum,saya sekarang sedang merasakan dibenci oleh teman saya sendiri karena dia tidak bisa menerima pendapat saya tentang pacarnya,karena saya dan teman tau gimanna kelakuan pacarnya itu,terus dia juga kan tau temanya suka pada lelaki itu tapi dia diam-diam pacaran,dia sangat dekat dengan saya udah kaya keluarga dan belum pernah bertengkar tetapi setelah dia punya pacar dia jadi berubah pada saya dan teman teman lainnya,dia lebih mementingkan pacarnya itu dan kita lagi main asik-asik pacarnya nelpon ngajak main kita ditinggalin kan kita lagi main bareng dan setau saya dia orang pendendam,setelah kami bareng-bareng hidup se asrama karena kami tinggal diasrama dia juga membenci temanya sudah 2 tahun ini karena alasan tidak tau terimakasih. pertanyaan saya apa saya salah jika memberitahu dia tentang kelakuan pacarnya itu?apa lebih baik saya diam dan melihat ahirnya?tapi dia malaah dendam terhadap saya dan teman saya?

Karina said...

Assalamualaikum..
Lewat tulisan ini, saya memohon saran dari Anda.
Saya punya tetangga baru, dr pertama kali saya kenal dia, sifat yg ditunjukkan olehnya adalah sifat dengki. Ia selalu pada kelebihan yg saya dan anak-anak saya miliki. Itu ditunjukkan lewat ucapannya. Berkali-kali ia menunjukkan kedengkiannya, namun saya tak pernah membalas. Saya benar2 berharap dya menyadari n merubah sikapnya. Setahun, dua tahun, tp dya masih begitu jg. Masih mendengki, tidak suka jika ada yg mengatakan hal baik buat dan anak2 saya. Tidak suka jika saya memperoleh rezeki. Sekarang saya sudah benar-benar hilang kesabaran dan membencinya. Bahkan melihat kelurganya saja saya tidak sudi. Mohon sarannya agar rasa benci ini hilang. Terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum , dengan cerita ini saya mohon saran dan jalan kluarnya , saya pernah menjalin hubungan dengan seorang wanita , lalu bubar ga jelas pangkal masalahnya , lalu sy mendengar kabar dia menikah dengan laki2 lain yang sy pun tidak mengenalnya , singkat cerita dia wanita yang pernah berhubungan dengan sy beberapa tahun yang lalu tiba2 menghubungi saya lewat WA . Dan bercerita mengenai rumah tangganya , dan suatu saat sy undang dia untuk bersilahturahmi pada istri dan anak sy di rumah , namun dengan kagetnya sy mendengar pertataan dia klau suaminya membenci dan tdk suka dengan sy , sy pun tdk tau masalah nya kenapa sampai seperti itu , padahal sy dan suami dia tdk pernah jumpa apalagi saling kenal , dan kebencian itu terlontar dari ucapan suaminya , dari dia menikah sampai saat ini , saat saya ajak bersilahturami suaminya marah sekali pada istrinya , dan istrinya menyampaikan nya pada sy . Istrinya selalu bercerita pada saya klau kehidupannya selalu mendapatkan masalah dan cobaan , bapak sy mau tanya apa ada hubungannya kebencian atau rasa dendam seseorang yang berkepanjangan dapat menjadi penghalang sebuah rejeki ? Bapak , saya mohon di berikan penjelasan yang bijak mengenai maslah ini klau memang ada pejelasan hadistnya mohon sy diberikan penjelasan , wasalam , abeng

BAHRUDIN said...

Assalamualaikum, terima kasih atas ilmunya saudaraku... Alhamdulillah saya sadar dari apa yg saudaraku sampaikan...




Software sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

Kunjungi: http://bit.ly/2icaPlk

Bisa untuk HP :

- IPHONE.
- ANDROID.
- NOKIA.
- BLACKBERRY.
- WINDOWS PHONE & MOBILE

(Sadap data komunikasi secara jarak jauh)

Kunjungi: http://bit.ly/2icaPlk







- SADAP PANGGILAN SUARA
- SADAP SMS & MMS
- SADAP FOTO/ VIDEO
- SADAP EMAIL
- SADAP SUARA SEKITAR
- SADAP CHAT FACEBOOK
- SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
- SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER)
- SADAP LOKASI

Download: http://bit.ly/2icaPlk

Berita terupdate said...

jika kita membenci sesorang dan susah melupakanya bagaimana cara melupakanya soal nya susah ..

Unknown said...

thank you. your advices are really useful.

Anonymous said...

Nama saya mary, saya tidak bisa menjelaskannya tapi saya hanya harus berbagi kegembiraan dan kebahagiaan dengan dunia ini, saya tidak tahu bagaimana baba EGBO membantu saya dalam mengembalikan suami saya. Saya telah frustrasi selama 2 tahun terakhir dengan dua anak saya hidup tanpa suami saya yang secara mengejutkan meninggalkan rumah dengan seorang gadis, Suatu hari yang setia, seorang teman saya datang berkunjung dan saya menceritakan kepadanya tentang situasi yang saya hadapi selama dua tahun terakhir ini, Dia kemudian bercerita tentang Dr Egbo bahwa dia adalah orang yang sangat kuat, pada awalnya saya tidak pernah ingin mempercayainya karena saya telah menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke tempat yang berbeda, namun dia meyakinkan saya untuk mencobanya, jadi saya tidak punya pilihan karena saya sangat membutuhkan suamiku kembali Jadi kami menghubungi Dr Egbo yang mengatakan kepada saya semua yang perlu saya lakukan yang saya ragu. Tapi kegembiraan terbesar saya hari ini adalah Dr Egbo mampu membawa suami saya kembali kepada saya dan sekarang kita hidup bahagia seperti sebelumnya. Terimakasih ayah ku yang cantik.
tolong Jika Anda memiliki masalah dalam bentuk apapun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi dia di email pribadinya, dregbosolutioncenter@gmail.com. terima kasih banyak pak ini satu-satunya cara agar saya bisa menghargai Anda dan saya akan selalu bercerita tentang Anda, terima kasih banyak pak.
Dia juga menyebutkan tentang masalah orang lain yang mampu dipecahkannya kepada orang pada umumnya seperti misalnya,
(1) Jika Anda menginginkan mantan Anda kembali
(2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
(4) Anda ingin wanita / pria mengejarmu.
(5) Jika Anda menginginkan seorang anak.
(6) Anda ingin menjadi kaya untuk bisnis Anda
(7) Anda ingin mengikat suami / istri Anda
milikmu selamanya.
(8) Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan.
(9) Perawatan herbal
(10) Jika Anda tidak dapat memuaskan istri Anda
keinginan seks karena atau
tindakan err rendah
(11) jika haid Anda menolak datang
keluar hari itu
misalkan atau lebih mengalir
(12) jika pekerjaan Anda menolak membayar Anda, orang-orang
karena kamu DLL tolong hubungi Baba untuk bantuan di dregbosolutioncenter@gmail.com

AHMED.E said...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL:globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

ifa said...

Assalamualaikum ...saya minta saran bagaimana sikap kita terhadap mertua yang kondisi yg cukup selalu minta bantuan anaknya ya kalau anaknya kaya kalau biasa saja bagaimana sebenarnya aku ikhlas mertua suamiku memberi orgtuanya...tapi orangtua selalu menuntun dan berkata kasar kepada suamiku seolah pemberian kami anaknya selalu kurang dan minta lebih ,aku jadi tersinggung dan sakit hati aku jadi berpikir bagaimana nasibku nanti sementara aku 5th belum dikaruniai anak ...trims

Unknown said...

assalamualaikum wr wb.
saya harap blog ini masih aktif ya ustad.
maaf ustad saya menyembunyikan nama saya, ustad saya memiliki mertua yang alhamdulillah masih sehat ibu bapak mertua hingga sekarang. saya sudah berusaha memaafkan mertua saya dan sayang kepada mereka tapi mereka seakan tdak menghargai saya sebagai menantunya dengan masih komunikasi dengan mantannya suami saya. dengan tidak lain pernah menjelakan atau menggunjing saya. berkali kali suami saya menegur kedu orang tuanya agar yang sudah menjadi masa lalu tidak usah di korek kembali namun mereka bilang sudah tidak komunikasi dan terkesan mereka benci dengan mantannya suami saya, saya tau ustad mertua saya sedang berbohong karna saya melihat chattingan mereka. dan dikuatkan dengan perkataan dari mantannya suami saya bahwa mertua masih sering chatting mantannya suami saya. ustad saya disini tidak di hargai sebagai menantu.
mantannya suami dan mertua saya saling menjelekan saya. saya tidak mengerti kenapa mereka sejahat itu terhadap saya. saya hanya bisa di dukung suami dan berdoa agar dibukakan pintu hati mertua saya.
ustad apakah yang harus saya dan suami saya lakukan karena berkali kali kami tegur tapi masih saja berbohong dan bersikap manis didepan kita tapi dibelakang justru sebaliknya.
saya dan suami hanya takut jika kita jadi anak durhaka tapi jika watak orang tua suami saya seperti itu. apa hukum secara islam? apa yang harus dilakukan oleh kami?

WAHYUNI ELVIN said...

Halo
 Semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk berbahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang sah.
 Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya.

Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman darurat dengan tingkat 2% saya mendapat cepat Tidak ada biaya dari perusahaan, yang saya lakukan hanyalah membayar pin pinjaman ke Kementerian. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar.

 Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sangat sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

 Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki masa depan yang juga memberikan saran keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini. bebas, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa diuntungkan. terima kasih, email lagi ^elinajohnson22@gmail.com

^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
 Catatan: semua penipu meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. semoga tuhan memberkati kalian semua
Terima kasih

alkautsar said...

Assalamu'alaikum
ibu Anonim dengan akun Ajei Septian
perkara rumah tangga, apalagi Ibu adalah menantu baru untuk mertuanya, secara sosial di masyarakat kita memang sering menjadi bahan omongan atau mungkin dituduh sebagai org ketiga ( maaf ) perusak rumah tangga oleh orang.
Ibu , dalam tulisan ini telah saya tuliskan langkah demi langkah, menjaga hati dari benci sesuai kondisinya, jika langkah pertama belum berhasil, maju ke langkah kedua dan seterusnya,
Ibu, banyak2 lah berdoa, sabarlah dengan keluarga baru yang Ibu datangi, jangan terlalu dipikirkan apalagi ibu mencari-cari bukti terkait silaturrahmi mertua ibu dengan mantan menantunya, itu malahan makin memacu benci atau sakit di hati ibu, dan menambah benci di hati mereka krna ada reaksi sejalan dengan syetan di hati ibu dan mertuanya, alhamdulillah silaturrahmi mereka tidak terputus, mungkin begitu hikmahnya.
tetaplah berbuat baik, berperasangka baik, mungkin mertua Ibu belum mengerti jika Ibu sangat menghormati dan menyayanginya. berikan mereka waktu tak terbatas sampai Allah bukakan pintu hati mereka, karna Allah maha membolak balikkan hati. Jika selama ini apa yang ibu lakukan belum cukup untuk mendapat perhatian dan kasih sayang mereka, maka taambahlah kebaikan ibu. Banyak2 berdzikir, membaaca al-quran, hindari hal-hal yang mencerminkan istri yang tidak baik.
Ibu, ada 2 kabar gembira dari penjelasan ibu di atas.
1. alhamdulillah ibu dalam ujian Allah, maka ikhlas dan berperasangka baik laah, alhamdulillah Allah berikan kesempatan utk membakar habis semua dosa2 yang mungkin ibu kerjakan di masa lalu
2. Alhamdulillah, ibu mempunyai suami yang mengerti yang ibu rasakan, layanilah suami ibu dengaan baik, berbaktilah, krn sebanarnya ibu memasuki keluarga ibu skrg karena suami ibu. jangan sampai durhaka ya Bu, hormati dan berbuat baik laah. “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)
Sangat tidak nyaman hidup dalam keluarga seperti ini, benar, krna hati ibu bisa saakit juga, tp ibu mungkin tidak lupa jika Allah itu bersama orang2 yang sabar,
semoga bermanfaat Ibu, dan semoga Allah membukakan hati mertua ibu serta org2 dalam keluarga Ibu sehingga keluarga ibu rukun dan penuh kaasih sayang. Amiin
wassalam

Anonymous said...

Assalamualaikum pak ustad,saya ahmad usia 23 thn,sy punya teman,nga akrab sih,tp teman sy ini suka menghina saya dgn membawa nama mantan pacar saya,padahal saya nga pernah berbuat salah kepada teman saya itu,apa yg harus saya lakukan pak??trims


Unknown said...

Asslamualakum.

Saya mempunyai rasa benci dendam udah lama sama mantan pacar saya. Tp saya lebih memfokuskan benci kepada pacar nya . Dikarenakan mereka telah menghiantai saya.


Sebenar nya saya sudah lelah mempunyai penyakit hati membenci dendam terhadap seseorang , saya juga sebenar nya telah mendekatkan diri kepada allah , tp entah kenapa ada aja masih dendam di hati saya. Apa lg jika saya buka sosmed dan liat kemesraan mereka saya merasa tidak suka


Sebenar nya saya juga pernah mengejek pacar nya mantan saya dengan berkata " ihh muka pacar kamu jerawatan gt " dan ternyata setelah itu hubungan saya dengan mantan dan pacar nya itu makin buruk, mereka selalu nyindir saya lewat sosmed.

Apakah saya harus meminta maaf karna itu ?


Atau saya diam saja , dan pergi dari kehidupan mereka , dengan cara memblok sosmed mantan saya?

Gitzaviour said...

Assalamualaikum wr wb

Nama saya lulu saya punya pacar, kebetulan saya sama pacar saya perjalanan masih jauh karena saya masih kuliah dan dia juga masih mengurus adik2nya.
Sumber masalahnya awalnya dia sangat dekat dengan bapak saya , bapak saya sudah menganggap pacar saya seperti anaknya sendiri
Tapi ketika pacar saya punya kesalahan setitik bpk saya jadi membenci pacar saya dan sampai2 dia yg memutuskan hubungan kami berdua sampai semuanya dibatasi.

Apa yang harus saya lakukan ? Apakah saya tetep berusaha memperjuangkannya ? Apa saya pasrah saja?

Terimakasih wass wr wb

Anonymous said...

Assalamualaikum...
saya memiliki mertua yang selalu membela mati2an pada menantu satunya,apapun yang di mau pasti diberikan entah itu akan menyakiti atau merugikan anak-anak nya sendiri bahkan sampai berani sumpah serapah kepada anak2 kandungnya sendiri demi menantu itu, kalaupun melakukan kesalahan fatal sekalipun selalu dianggap benar dan kami semua yang salah sehingga putuslah hubungan keluarga antara menantu itu dengan saudara2 yang lain karena perbuatan dia sendiri yang membuat nama keluarga malu,tetapi hal ini pun masih kami yang salah.... maaf saya pun posisi sebagai menantu juga hanya saya sudah dianggap tidak ada (semoga hanya perasaan saya saja). Hal ini sudah terjadi bertahun2 lamanya.. kami hanya berdoa dan berdoa meminta kebaikan untuk ibu mertua dan menantu itu tetapi makin lama makin seenaknya saja dan kami tidak bisa melawan ataupun melakukan apa2 karena pada akhirnya ibu mertua yang akan marah dan membela menantu itu, kami semua sudah bingung ,kecewa, sakit hati dll sebagainya .... apa yang harus kami lakukan pak ustad menghadapi orang yang luar biasa seperti itu (menantu)dan semakin sombong, karena saya hanya lah orang luar yang tidak bisa melihat ketidakadilan dan kemunafikan serta kedzaliman yang terus menerus bahkan sayapun sering menjadi korban kedzaliman dan fitnah menantu itu, saya tidak mau mengotori hati saya tapi saya greget melihat tingkahnya yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan hanya mampu memanfaatkan orang lain demi keinginannya tercapai meski dengan cara apapun (wallahu alam)... mohon pencerahannya, terimakasih. wassalamualaikum

Anonymous said...

Assalamualaikum
saya mau bercerita, saya punya teman kami dulu teman akrab tapi karna ada suatu masalah karna dia orangnya sensitif atau baperan .. dia selalu langsung menilai jelek setiap orang bercerita tentang saya tanpa mendengarkan penjelasan saya padahal kami sudah berteman akrab selama setahun lebih . Dia mudah terpengaruh dgn omongan teman temannya kalau saya telah berbuat zolim ke dia, dan lagi lagi tanpa menanyakan dulu ke saya itu benar apa tidak .
dan akhirnya kami skrg saling diam karna saya lebih baik menghindari orang seperti itu org yang mudah tersinggung hatinya .
Bagaimana menurut mas nya? Terimakasih . wassalamualaikum

Unknown said...

Semoga ALLAH selalu menguatkan hati kitaa yang pernah sakit hati sampai mendendam pada orang lain ,supaya kita bisa ikhlas dan memaafkan orang lain amin ya ALLAH

Unknown said...

Apakah Anda memerlukan pinjaman, atau apakah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena satu atau lebih alasan, atau Anda sangat membutuhkan pinjaman, atau Anda telah ditipu oleh penipu internet dan masih dalam posisi yang sama, Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Cahya Kirana Loan Limited adalah salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami sudah mapan dan telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan Anda dan kebutuhan individu selama bertahun-tahun. Kami berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan secara adil dan memberikan layanan yang profesional, ramah, dan membantu. Prosedur kami dirancang agar sesuai dengan Anda, untuk memastikan bahwa kami menyelesaikan produk yang sesuai dengan keadaan Anda. Firma Pinjaman Cahya Kirana memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau 2%. Hubungi kami hari ini melalui gmail kami di cahya.creditfirm@gmail.com dan jadilah salah satu pelanggan harga diri yang kuat dan pada akhirnya Anda akan memiliki semua alasan untuk mengucapkan terima kasih tuan Tuhan. Amin

Arya Theresia said...

http://www.tanyaalkitab.com/2013/02/kenapa-tuhan-mengizinkan-adanya-masalah.html

Arya Theresia said...

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka tetap maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: aryatheresia750@gmail.com

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: christymorrisloanfirm@gmail.com

Ranyrxny said...

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Ranyrxny said...

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Unknown said...

Pagi, saya mau curhat ttg masalah didlm rmh hawa nya panas bgt. Krn bokap saya kurang waras. Setiap waktu pagi, siang, sore, mlm n subuh oceh2 ungkit masa lalu. Cuma masalah tdr dipermasalahkan. Tolong minta mantra atau doa buat hentikan bokap saya mau Terima n tidak oceh2 n siksa nyokap saya.

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Home

Terpopuler