Selamat membaca
Hal Tentang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan
semoga bermanfaat

Hal Tentang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

Al-kautsar an islamic side adalah blog tentang risalah/artikel islam dan aplikasi islami

Hal Tentang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

Assalamu'alaikum ya akhi dan ukhi saya seiman,
Berlomba-lomba dalam kebaikan adalah suatu perintah Allah dalam Al-Quran :

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

“Dan bagi setiap orang ada memiliki arah yang dituju ke arah mana dia menghadapkan wajahnya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 
[QS. Al-Baqarah: 148]

Di dalam ayat ini Allah telah menyatakan bahwa merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim supaya tegak dan teguh dalam melakukan kebaikan dan tidak hanya sekedar maju dalam kebaikan,tetapi terus berupaya juga untuk saling mendahului satu dengan yang lain di dalam hal kebaikan. Sebab kebaikan itulah yang di antaranya membuat kita sebagai orang-orang yang paling baik.

Apa yang dinamakan dengan kebaikan-kebaikan itu? Kebaikan itu adalah penunaian haqqullah dan haqqul ibaad. Apa penunaian haqqullah itu? Penunaian-penunaian haqqullah adalah bahwa sambil menanamkan rasa takut dan rasa khusyu’ pada Allah seorang melaksanakan ibadah kepada-Nya dan tidak ada peluang yang dia tinggalkan untuk beribadah padanya, untuk meraih kedekatan dengan-Nya dan untuk berzikir pada-Nya.

Dalam hal antusiasme dalam kebaikan kita bisa melihat bagaimana para sahabat Rasulullah saw. Dalam satu riwayat dikatakan bahwa pada suatu saat para sahabah yang kurang dari segi harta hadir di hadapan Rasulullah saw dalam corak mengadu dan mengeluh, “Ya Rasulullah! sebagaimana kami melakukan salat seperti itulah orang-orang kaya melakukan salat. Sebagaimana kami melakukan puasa seperti itu pulalah orang-orang yang kaya melakukan puasa juga. Sebagaimana kami berjihad, seperti itu pulalah orang-orang kaya melakukan jihad. Tetapi ya Rasulullah ada pekerjaan lebih yang mereka kerjakan. Mereka memberikan sedekah dimana kami yang karena ketidakmampuan kami tidak dapat melakukan itu. Beritahukanlah kepada kami suatu metode yang dengan melakukan itu kami dapat menutupi kekurangan itu.” Beliau saw bersabda, “Setiap selesai salat bacalah subhanallah 33 kali dan 33 kali alhamdulillah dan 34 kali allahu akbar.

Sahabat ini sangat gembira bahwa kini ia dapat setaraf dalam kebaikan-kebaikan dengan para hartawan. Mereka mulai mengamalkan sesuai dengan cara ini, tetapi sesudah beberapa hari orang-orang kaya juga mengetahui akan cara ibadat seperti itu dan mereka juga mulai membaca tasbih dan pujian seperti itu. Sahabah ini kembali hadir di hadapan Rasulullah saw lalu mereka mengeluh dan mengadu bahwa para orang kayapun kini mulai melakukan amal seperti ini juga dan mereka menyusul kami. Jadi Rasulullah saw bersabda bahwa apabila Allah memberikan taufik pada seseorang untuk melakukan kebaikan maka bagaimana saya bisa mencegahnya.

Dalam suatu riwayat di bawah ini juga akan memperlihatkan kepada kita bagaimana sebenarnya esensi dan semangat para sahabat dan muhajidin Muslim dalam melakukan segala kebaikan yang bisa ia lakukan, walaupun harus berkonban jiwa sebagai mujtahid.

Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pada waktu perang uhud " Ya Rasullullah, apakah engkau tahudimanakah tempatku seandainya aku terbunuh?" Beliau menjawab. "di dalam surga, maka tanpa membuang waktu ia melempar biji kurma yang ada ditangannya, kemudian maju berperang sampai akhirnya terbunuh.

Begitu pula apa yang dilakukan oleh Anas bin Nadhir ketika pasukan muslim diserang pasukan kuda orang-orang musrik di perang uhud dan pasukan muslim terdesak....dia berkata kepada Sa'ad," Wahai Sa'ad bin Mu'adz, demi Tuhannya ka'bah, sesungguhnya saya mencium bau surga di dekat uhud ". dan dengan gagah beraninya dia maju kemedan perang hingga akhirnya terbunuh.

Oleh karena itulah Rosulullah bersabda dalam hadistnya :

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, " Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, 'Bersegeralah kalian untuk beramal sebelum datang tujuh perkara. Apakah kamu menantikan kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahi segala-galanya, atau menunggu datangnya Dajjal, padahal ia adalah sejelek-jelek sesuatu yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat, padahal hari kiamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan," 
[HR. At-Tirmidzi dan dia berkata "hadits hadsan"]

Jadi perhatikanlah bagaimana semangatnya mereka untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Diantara mereka banyak terdapat para pebisnis, para hartawan, tetapi dengan adanya perintah Allah ‘berlombalah dalam kebaikan-kebaikan’ maka sedemikian rupa mereka berlomba melakukan amal baik itu sehingga sama sekali tidak ada batasnya. Kemudian perhatikanlah, bagaimana Allah menghargai kebaikan-kebaikan mereka  baik secara personal sebagai individu, muapun berjemaah atau kedua-duanya. Allah memberikan pada mereka sedemikian banyak berkah dan rahmat.

Kemudian apa yang dimaksud dengan haququl’ibaad? yaitu Berbuat baik pada keluarga dan kerabat dekat. Kemudian dari itu yang paling utama adalah menunaikan hak-hak istri dan demikian pula istri-istri menunaikan hak suami-suami, suami istri menunaikan hak-hak keluarga dari kedua belah pihak, memperhatikan orang-orang miskin.

Fastabiqul khoiroot adalah keistimewaan Islam
Fastabiqul khairat mengindikasikan bahwa di antara setiap agama mempunyai keistimewaan-keistimewaan menonjol tetapi di sana juga terdapat perbedaan bahwa agama-agama lain hanya menyeru orang kepada kebaikan, tetapi Islam menyeru kepada perlombaan. Pertama, adalah lakukanlah kebaikan dan kemudian berlombalah dalam kebaikan-kebaikan dan berupayalah satu dengan yang lain untuk saling menyusul dalam kebaikan. Disini Allah menggunakan kata perlombaan yang di dalamnya kendati tidak didapatkan arti kata cepat dan segera. Sebab, dari segi lughat andaikata dua orang berjalan lambat sekalipun tetapi satu dengan yang lain, saling mendahului maka mereka telah melakukan perlombaan. oleh sebab disini terdapat perintah bagi setiap orang untuk berlomba. 

Kini jika seorang dengan upayanya dia menyusul maka untuk yang lainpun terdapat juga perintah bahwa diapun juga harus menyusul ke depan. Maka apabila dia akan menyusul duluan dari itu maka akan timbul upaya orang yang duluan untuk menyusul lebih depan. Jadi oleh karena kepada setiap orang terdapat perintah untuk terdepan dalam kebaikaan-kebaikan, maka dengan demikian akan timbul sebuah perlombaan dalam melakukan kebaikan-kebaikan. Sebagaimana riwayat yang telah diterangkan diawal tadi bahwa para sahabah sangat risau bahwa kenapa si fulan mendahului kami.

Berkenaan dengan Rasulullah saw., tertera dalam sebuah hadis bahwa beliau bersabda, kebaikan yang terbaik adalah kebaikan yang manusia lakukan dengan tekun berada di dalamnya. Kondisi yang bercorak “pulang pergi” bukanlah yang hakiki bahkan itu merupakan pertanda orang sakit. Sebagaimana seorang yang berpenyakit gila tidak waras manakala dia tertawa maka dia akan terus tertawa dan apabila mulai menangis maka akan terus menangis,dan apabila mulai makan maka akan terus makan, jika dia tidur maka akan terus tidur dan jika mulai sadar atau jaga maka sampai berminggu-minggu ia tidak akan mengantuk. Di dalam semua perkara itu keinginannya tidak ikut campur dan dia tidak dapat dihukum karena suatu tindakannya. Tidak akan ada yang menanyakan padanya bahwa kenapa dia tertawa dan menangis.

Demikian pula dalam kondisi keruhanian pada manusia datang waktu-waktu yang sedemikian rupa yang apabila karena pengaruh sesuatu dari luar atau akibat terjadi kekurangan pada sel saraf atau otak maka akan menyampaikan suatu kondisi khusus pada puncaknya. Jika dia mulai melakukan salat maka dia akan shalat terus menerus, tetapi beberapa hari kemudian dia tinggalkan shalat sama sekali. Dari itu jelas bahwa dia melakukan salatnya bukanlah merupakan indikator meningkatnya kondisi keruhanianya. Sebab jika demi untuk Tuhan dia melakukan salat maka dia tidak akan meninggalkannya. Itu merupakan sebuah penyakit sebagaimana adanya penyakit banyak makan dan penyakit banyak tidur. Demikian pula bisa ada penyakit banyak melakukan salat- salat.

Jadi kebaikan itu bukanlah kebaikan yang dilakukan untuk beberapa waktu sampai kelewat batas lalu dia tinggalkan. Tetapi kebaikan itu hendaknya dilakukan dengan tekad yang teguh, yang didalamnya terdapat keistiqomahan. Jadi lakukanlah kebaikan sesuai dengan kemampuan dan teruslah melangkah maju di dalamnya. Lakukanlah dengan dawam dan istiqamah.

Dengan riwayat-riwayat di atas kiranya dapat menggugah hati dan semangat kita dalam kebaikan. Saudaraku, begitu banyak kebaikan-kebaikan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Mari kira renungkan saudaraku, Allah Ta'ala telah memberikan berbagai nikmat-Nya kepada kita semua yang tentunya harus kita syukuri dengan cara: yang pertama, kita meyakini dalam hati bahwa nikmat-nikmat tersebut datangnya dari Allah semata, yang merupakan karunia-Nya yang diberikan kepada kita; yang kedua, mengucapkan rasa syukur kepada-Nya melalui lisan-lisan kita dengan cara memuji-Nya; dan yang ketiga, mempergunakannya sesuai dengan apa yang Allah kehendaki.

Di antara nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita adalah harta dan sehatnya anggota badan seperti lisan, tangan, kaki dan lainnya. Semua nikmat itu harus kita gunakan untuk ketaatan kepada Allah dengan cara menginfakkan harta yang kita miliki di jalan kebenaran, membiasakan lisan kita untuk senantiasa berdzikir kepada-Nya dengan dzikir-dzikir yang telah diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya yang shahih, mengucapkan ucapan yang baik, beramar ma'ruf nahi munkar dan sebagainya.
Kalaulah kita belum mampu secara maksimal melakukan ketaatan kepada Allah dengan harta maka bukan berarti pintu ketaatan tertutup bagi kita, bahkan masih banyak pintu ketaatan lainnya yang Allah syari'atkan untuk kita, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Dari Abu Dzarr radhiyallahu 'anhu: bahwa segolongan shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, "Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala-pahala, mereka shalat sebagaimana kami pun shalat, mereka puasa sebagaimana kami pun puasa, tetapi mereka bisa bershadaqah dengan kelebihan harta mereka." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang bisa kalian shadaqahkan? Sesungguhnya setiap tasbih adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah dan setiap tahlil adalah shadaqah; amar ma'ruf (menyuruh kepada kebaikan) adalah shadaqah, nahi munkar (mencegah dari kemunkaran) adalah shadaqah dan (bahkan) pada kemaluan salah seorang dari kalian terdapat shadaqah." Mereka bertanya: "Ya Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami yang menumpahkan syahwatnya itu memperoleh pahala?" Beliau bersabda: "Apa pendapat kalian, seandainya dia meletakkannya pada yang haram, bukankah dia memperoleh dosa? Maka demikian juga, seandainya dia meletakkannya pada yang halal maka dia memperoleh pahala." 
[HR. Muslim no.1006]

Semoga Allah menganugerahkan taufiq pada kita supaya kita jangan hanya menjadi orang yang mengupayakan kebaikan bahkan dengan berupaya berlomba dalam kebaikan itu kita juga meraih tingkatan ketakwaan yang tinggi. Setiap ucapan kita, setiap pekerjaan kita, duduk dan bangun kita sesuai dengan keridhoan Allah.

Syukron katsir untuk abanganda Ustadz Dr. Fuji Rahmadi P, MA yang telah mengamanahkan kepda saya untuk mengembangkan sebuah catatan yang diberikan beliau kepada saya. Kiranya tulisan ini dapat menjadi risalah dalam berdakwah dan terus berdakwah. Dan memoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semuanya.
Wassalam :)
Silahkan Bookmark and Share artikel ini:
Written by: Muchlis Al-Habibi
Al-Kautsar_@n Islamic Side Updated at: 3:56:00 PM

1 komentar

Unknown said...

Assalamualaikum
Saya mau minta solusi.
Saya menikah dengan suami saya sdh 3th dan sdh dikaruniain anak. Hubungan saya dan kluarga suami saya kurang harmonis trmasuk mertua laki saya yg sdh menikah lgi.
Mertua laki saya pernah berucap didpn tetangga saya bahwa beliau tdk suka dgn saya. Padahl saya sdh dikaruniain 1 org anak. Justru saya marah saat mendengar ucapan beliau yg berkata tdk senang dgn saya.
Padahal saat saya menikah suami saya tdk bkrja dan saat hamil besar pun saya masih rela bekerja. Org tua saya tdk pernah komplain trhadap rmh tgga saya.justru yg seharus.a marah org tua saya.krna saat saya hamil besar msih banting tulang mncari nafkah sdgkn suami saya masih pengangguran. Suami adalah anak laki" sndri dan trakhir dri 3 brsaudara. Klrga dari suami prnh menginginkan suami menikah dg prmpuan kaya tdk sprti saya.slama menikah saya tggl dirmh wasiat mertua bersama suami dan nenek. Setiap saya ingat pristiwa" yg membuat saya sakit saya slalu hawa.a marah. Saya merasa saya sudah terlalu benci terhadap mertua laki saya ini. Bagaimana ini ??
Trimakasih
Wasalamualaikum wr, wb.

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Home

Terpopuler